Energi Murah yang Ramah bagi Rumah

Written by on Januari 15, 2018

Hasil Survey yang dilakukan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI terhadap para pengguna Tenaga Listrik Surya Atap TLSA atau Instalasi Surya Atap menyebutkan bahwa tingkat kepuasan pengguna sangat baik. Harga dan garansi yang para produsen yang kali ini menjadi sorotan YLKI dalam melindungi kepentingan para konsumen. Eva Rosita dari YLKI mengatakan bahwa fokus survey yang dilakukan mencakup berbagai daerah termasuk Jabodetabek.

Survey yang di jabodetabek melibatkan terhadap 50 pengguna tenaga listrik surya atap. Sekali pun ada berbagai permasalahan yang dihadapi, namun sementara ini kesimpulan yang didapat adalah para pengguna merasa senang dengan TLSA tersebut. Dan semuanya tidak hanya mencakup wilayah Jabodetabek saja namun juga berbagai daerah. Dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi konsumen berdasarkan survey tersebut adalah harga, yang memiliki variasi harga dengan kisaran 1.500.000,- rupiah hingga 50.000.000,- rupiah. Sekali pun demikian dari harga-harga yang disurvey, ada juga harga yang mencapai 200.000.000,- rupiah.

Kurangnya informasi tentang keberadaan listerik tenaga surya ini sesungguhnya lebih baik, khususnya bagi daerah-daerah yang tidak dapat dijangkau kabel dari Perusahaan Listerik Negara. “Di pulau Sebira, pulau terluar dari Kepulauan Seribu,” begitu kata Eva. “Menggunakan tenaga surya atap,” tambahnya melanjutkan. Menurut Eva, masyarakat setempat etiap masyarakat bisa menggunakan tenaga surya setengah hari dan setengah hari menggunakan tenaga disel. Atau bagi masyarakat umum bisa memanfaatkan setengah hari tenaga surya, dan setengah hari dengan kabel PLN. Hal tersebut bisa mengurangi beban biaya pengeluaran bagi penerangan rumah mau pun lingkungan.

Tenaga surya ini sudah baik bila bisa dimanfaatkan sebaiknya oleh masyarakat luas demi penghematan keseharian atau pun bulanan. Apabila kita menyadari bila tenaga disel yang menggunakan tenaga dasar fosil seperti minyak atau uap juga lainnya, tentu akan bisa habis. “Energi matahari kan, kapan bisa habisnya?” ujarnya sambil balik bertanya. Selain berdampak ekonomis, tenaga listerik surya atap juga ramah dan sangat bersahabat dengan lingkungan. Oleh sebab itu peralihan ini bisa sesegera mungkin dilakukan masyarakat luas, dengan mencoba mencari tahu tentang keuntungan dan kerugian serta berbagai hal menginstalasi dan penggunaannya.

Eva mengingatkan konsumen atau pun calon konsumen untuk memperhatikan juga bagaimana pemasangan dan penggunaan dari alat tenaga listrik surya atap tersebut. Kehati-hatian untuk memiliki atau pun menggunakan alat tersebut bisa disadari dari harga pembeliannya. Standarisasi produk dan jasa layanan sampai awal tahun 2018 ini memang belum ada. Maka sudah sebaiknya konsumen berhati-hati dengan baik untuk memiliki atau pun menggunakannya. “Kalau misalnya salah pilih, tidak ada garansi kita tidak bisa menuntut,” demikian Eva mengingatkan. Begitu juga untuk mengetahui cara penggunaan, agar bisa digunakan semaksimal mungkin, agar energi yang dihasilkan juga maksimal.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: