Musnahkan Anjing Liar demi Piala Dunia 2018, Pemerintah Rusia Diprotes

Written by on 15 January 2018

Kebijakan pemerintah Rusia yang dikabarkan memusnahkan anjing- anjing liar yang berada di kota-kota penyelenggara pertandingan Piala Dunia 2018, mendapat protes keras dari kalangan pecinta lingkungan dan aktivis pecinta hewan.

Mereka berharap pemerintah menggunakan cara yang lebih manusiawi sehingga tidak menyebabkan kematian, mutilasi, atau melukai hewan. “Kami menerima laporan dari aktivis hewan dan masyarakat yang peduli tentang penembakan massal dan suntik mati terhadap hewan liar terjadi di banyak tempat, di kota terselenggaranya Piala Dunia,” ujar Kepala komite perlindungan lingkungan tingkat bawah, Vladimir Burmatov.

Burmatov sendiri telah menyatakan komite telah mengirimkan surat resmi kepada menteri olahraga Pavel Kolobkov terkait penanganan hewan-hewan tanpa pemilik di kota penyelenggara Piala Dunia. Dirinya menambahkan bahwa hewan yang bersahabat dengan manusia ini seharusnya ditempatkan di pusat penampungan sementara dan disterilkan. “Reputasi negara dipertaruhkan, karena kita bukan orang kejam yang melakukan pembunuhan massal terhadap binatang di jalanan,” tambahnya.

Langkah pengendalian terhadap ribuan hewan liar ini sendiri telah ditetapkan oleh parlemen pada Kamis (11/1/2018). Faktanya, gerombolan anjing liar menjadi pemandangan yang umum di kota-kota, di Rusia. Hal ini terjadi karena keengganan publik untuk mensterilkan hewan peliharaan, sehingga beberapa menjadi agresif dan mengemis makanan di jalanan. Jumlah hewan ini pun sangat banyak, bulan lalu, wakil perdana menteri Rusia Vitaly Mutko memperkirakan sekitar dua juta hewan liar berada di kota-kota penyelenggara Piala Dunia.

Piala Dunia 2018 akan segera digelar di 11 kota di Rusia pada musim panas ini, mulai dari Kaliningrad di sebelah barat hingga ke Yekaterinburg di sebelah timur. Citra negeri Beruang Merah ini cukup dipertaruhkan di mata dunia, mengingat turnamen empat tahunan ini merupakan event yang sangat popular dan ditunggu-tunggu oleh seluruh pecinta olahraga.

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL