Kematian Vokalis The Cranberries dan Penyakit Depresi

Written by on Januari 16, 2018

Dunia musik kembali dikejutkan oleh berita kematian dari salah satu vokalis band ternama The Cranberries, Dolores O’Riordan yang meninggal secara mendadak di sebuah hotel di London, Inggris pada Senin (15/1).

Meski belum ada pernyataan resmi mengenai penyebab kematiannya, namun banyak suara menghubung-hubungkan kematian ibu dari tiga anak berusia 46 tahun dengan beberapa masalah kesehatan, salahsatunya adalah penyakit depresi yang sejak lama diidapnya.

Masalah kesehatan itu diakui sendiri oleh penyanyi Irlandia kelahiran Limerick yang tenar saat menyanyikan lagu berjudul “Zombie” di era 90an tersebut. Dolores sempat bercerita dirinya berjuang mengatasi stress akibat pelecehan seksual yang dialaminya di usia delapan tahun, oleh orang yang dipercayainya. Menurutnya, bayangan-bayangan pelecehan yang berlangsung selama empat tahun itu membuatnya hidup dalam ketakutan.

Depresi mulai menghantuinya di tahun 2011 saat sang ayah dan mantan ibu mertuanya meninggal dunia. “Ada masa-masa berat di mana saya harus berjuang keras (untuk hidup). Kematian ayah dan ibu mertua saya adalah masa yang berat. Melihat kembali semuanya, saya pikir depresi, apapun penyebabnya adalah salah satu hal terburuk yang harus dilalui,” ucapnya kepada Irish News, dirilis CNN Indonesia.

Gelombang masalah psikis tersebut mencapai puncaknya di tahun 2013, dimana dirinya mengungkapkan bahwa dia sempat punya masalah psikologis karena merasa punya perasaan benci pada diri sendiri yang sangat tinggi. Bahkan Dolores sempat ingin bunuh diri dengan cara overdosis. “Saya pernah mencoba untuk overdosis, tapi saya harus ada di sini untuk anak-anak,” kata Dolores dikutip dari Mirror.

Berturut-turut masalah ini menyebar hingga membuatnya mengalami gangguan mental, dan juga gangguan pola makan yaitu anoreksia. Bahkan Dolores juga dilaporkan sempat mengalami hipomania (kondisi di mana penderita mengalami perasaan gembira yang membuncah, memiliki banyak ide dan kegiatan dan di sisi lain mulai merasa tak butuh tidur). Kondisi ini pun lambat laun menyebabkannya mengalami gangguan tidur bahkan paranioa dan gangguan bipolar.

Terakhir, Dolores diketahui mengalami masalah tulang punggung, hingga membuatnya beberapa kali tidak bisa beraktivitas, dan manajemen band The Cranberries pun sempat membatalkan beberapa tur akibat hal ini. Hingga Dolores akhirnya tutup usia Senin kemarin.

Depresi dapat menyerang siapapun dan dari latar belakang apapun. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk sembuh dari depresi, jika sejak awal kita mengetahuinya. Beberapa diantaranya adalah menjalankan aktivitas atau hobi yang kita senangi, berinteraksi dengan teman-teman, olahraga, berlibur, mengikuti kegiatan keagamaan, bahkan ada beberapa langkah yang berhasil untuk beberapa orang yaitu dengan memelihara hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan lainnya.

Bagi kita yang sehat namun punya kenalan atau bahkan saudara sendiri yang kemungkinan mengidap depresi, mulailah peduli dengan memperhatikannya dan terus mengajaknya berinteraksi.

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: