Menuju “Universal Health Coverage” Jaminan Kesehatan Nasional

Written by on Januari 18, 2018

Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berkejaran dengan waktu untuk mengejar target kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional. Masih ada 80 juta jiwa yang belum terdaftar. Per 1 Januari 2019 mendatang, sesuai peta jalan program JKN, semua orang sudah harus terdaftar sebagai peserta.

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari mengungkapkan secara khusus pihaknya akan “memburu” badan-badan usaha yang belum mendaftarkan pegawai atau karyawan sebagai peserta JKN. “Kami lakukan ‘canvasing’, istilahnya. Jadi, petugas kami menyisir jalan dan gedung untuk yang kelompok pekerja penerima upah,” kata Andayani.

Di samping itu, BPJS Kesehatan yang saat ini sudah menjangkau 189,6 juta jiwa sebagai peserta JKN juga akan mengoptimalkan aplikasi mobile untuk menjaring warga yang belum terdaftar. “Kami dorong semua orang download aplikasi ini,” tambahnya.

Andayani juga meminta pemerintah daerah turut mendukung penuh untuk mengejar target kepesertaan JKN. Saat ini, jelas Andayani, belum setengah dari total jumlah kabupaten/kota yang penduduknya terjangkau atau terdaftar sebagai peserta JKN.

“Ada 96 kabupaten kota yang sudah berstatus UHC. Hal ini tercapai karena pemerintah daerah di sana mengeluarkan peraturan dengan ketentuan, misalnya, tidak menerima badan usaha peserta lelang proyek yang tidak mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta JKN,” ungkap Andayani.

Sementara itu, sebelumnya Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Dalam Inpres, memerintahkan 11 lembaga negara untuk mengambil langkah sesuai kewenangan dalam rangka menjamin keberlangsungan dan peningkatan kualitas Program JKN dan Kartu Indonesia Sehat. (Rik)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: