Serba-Serbi Grup A: Ujian buat Tuan Rumah

Written by on Januari 24, 2018

Perhelatan putaran final Piala Dunia 2018 bakal digelar 14 Juni – 15 Juli 2018 mendatang di Rusia. Sebanyak 32 tim nasional akan memperebutkan puncak jawara sepakbola dunia. Pertama, mereka terbagi ke dalam delapan grup. Piala Dunia 2018 akan dibuka dengan pertandingan Grup A antara tuan rumah Rusia melawan Arab Saudi, 14 Juni 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow. 

Dalam pertandingan perdana Piala Dunia 2018 itu nanti, Arab Saudi bakal mencatatkan rekor sebagai tim nasional pertama dari benua Asia yang menjadi pembuka Piala Dunia selama ini. Selain Rusia dan Arab Saudi, Grup A dihuni oleh Mesir dan Uruguay. Ajang Piala Dunia 2018 nanti buat Mesir adalah piala dunia pertama mereka sejak 1990 (Piala Dunia di Italia). Bintang Mesir, Mohamed Salah menjadi penentu laju The Pharaohs ke Rusia usai tendangan penalti Salah di menit 94 berhasil menjebol gawang Kongo.

Pada pertandingan pembuka, tuan rumah Rusia sepertinya wajib mewaspadai gerak pemain bintang Saudi, Mohammad Al-Sahlawi. Dalam babak kualifikasi, Al-Sahlawi berhasil mengantungi 16 gol. Hal tersebut membuat pemain depan berusia 30 tahun itu menjadi pemuncak Top Scorer bersama bintang Polandia, Robert Lewandowski dan pemain Uni Emirat Arab, Ahmed Khalil.

Sementara perwakilan Amerika Selatan di Grup A, Uruguay sudah tak diragukan lagi kiprahnya di ajang sepakbola nomor satu dunia itu. La Celeste merupakan juara dunia dua kali, yaitu di tahun 1930 dan 1950.

Catatan lain dari Grup A adalah adanya pemain tertua di ajang Piala Dunia kali ini. Dia adalah Essam El-Hadary, penjaga gawang tim nasional Mesir yang tahun ini menginjak usia 45 tahun. Essam melampaui rekor pemain tertua sebelumnya yang dipegang oleh Faryd Mondragon. Penjaga gawang Kolombia itu berusia 43 tahun saat bermain di Piala Dunia di Brazil 2014.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: