Panama: Menjajal Pengalaman Pertama di Piala Dunia 2018

Written by on Januari 26, 2018

Bila ada yang bertanya, tim sepakbola negara mana yang paling berbahagia tahun ini? Jawabannya, pasti Panama. Ya, Panama akan menjalani Piala Dunia 2018 sebagai tim debutan, pertama kali melaju ke putaran final turnamen sepakbola dunia tersebut. Menang secara dramatis saat melawan Kosta Rika di pertandingan penentuan zona CONCACAF, Panama pun melenggang sebagai Runner Up saat itu (menemani Kosta Rika sebagai pemuncak grup).

Arsitek keberhasilan Panama tersebut tak lain tak bukan adalah pelatih asal Kolombia, Hernan Dario Gomez. Sebelumnya Gomez pernah menukangi tim nasional Kolombia di ajang Piala Dunia 1998, dan Ekuador di ajang yang sama. Jadi, Piala Dunia 2018 mendatang adalah edisi ketiga El Bollilo, julukan Gomez, sebagai pelatih.

Selain peran pelatih dan kerjasama tim tentunya, ada peran defender Roman Torres yang perlu diapresiasi. Pemain bertahan berusia 32 tahun tersebut menjadi penentu lolosnya Panama ke Rusia, melalui golnya di menit 88 saat mengalahkan Kosta Rika. Usai kemenangan dramatis tersebut, Roman Torres didaulat sebagai pahlawan sepakbola Panama, karena menorehkan sejarah Piala Dunia bagi negaranya.

Selain Torres, pemain kunci Panama lainnya adalah Blas Perez. Empat kali tampil bersama Panama di babak kualifikasi Piala Dunia, kali ini Perez akhirnya berhasil mencicip putaran final Piala Dunia. Penyerang dengan nama lengkap Blas Antonio Miguel Pérez Ortega itu ditunjuk sebagai kapten tim selain karena tajam di depan (11 gol saat babak kualifikasi), juga karena pengalamannya di ajang tingkat dunia. Mungkin, Piala Dunia 2018 di Rusia mendatang adalah ajang dunia terakhir pemain berusia 36 tahun tersebut, mengingat piala dunia mendatang (4 tahun kemudian) usia Perez sudah menginjak angka 40.

Nah, mampukah Panama tidak sekadar menoreh sejarah lolos ke putaran final piala dunia, tapi juga mencatat sejarah emas dengan menjadi tim kuda hitam yang patut diperhitungkan? Bersama Belgia, Inggris dan Tunisia, Panama bakal beradu strategi di Grup G.

Salam Sepak!


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: