Apa Itu Penyakit Kusta, Penyebab dan Cara Menyembuhkannya?

Written by on Januari 30, 2018

Penyakit Kusta atau dikenal juga Lepra, atau Hansen (Nama ilmuwan penemu penyakitnya) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Mycobacterium Leprae yang menyerang kulit, saraf tepi dan jaringan tubuh lainnya. Penyakit yang tergolong tua ini, sudah dikenal sejak 300 SM dan sampai saat ini masih menyerang dua hingga tiga juta orang diseluruh dunia.

Umumnya, mereka yang mengalami Kusta, awalnya mempunyai gejala-gejala seperti melemahnya otot, kesemutan atau baal pada tangan, kaki atau tungkai, timbul bercak pada kulit dengan ciri: berwarna lebih muda dari kulit sekelilingnya (mirip panu atau kadas), berkurangnya sensasi terhadap nyeri, sentuhan, maupun suhu, bahkan hingga mengalami benjol-benjol pada muka (disebut facies leonina atau muka singa).

Dari jenisnya, terdapat dua jenis Kusta yaitu Kering (Pausi Basiler) dan Basah (Multi Basiler). Penderita kusta dapat mengalami kecacatan akibat kuman kusta yang menyerang saraf, akibat terlambat dideteksi dan terlambat diobati.

Meskipun Kusta adalah penyakit menular, nyatanya penyakit ini tidak mudah menular, yang artinya tidak semua orang dapat tertular penyakit ini. Hanya mereka yang mempunyai kondisi tubuh yang lemah saja yang dapat tertular. Penyakit ini dapat menular melalui pernafasan (percikan cairan pernafasan).

Cara Mencegah Kusta

Pastikan bayi anda telah mendapat imunisasi BCG, hal ini membantu mengurangi kemungkinan terkena kusta. Jika anda mendeteksi mengalami gejala kusta seperti kelainan kulit berupa bercak dengan mati rasa, segera berobat ke puskesmas. Cacat kusta dapat segera dicegah dengan meminum obat yang bisa didapatkan secara gratis di Puskesmas.

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: