Serba-Serbi Grup D: Susahnya Memprediksi ‘Tricky Group’

Written by on Januari 30, 2018

‘Tricky Group’, demikian julukan yang diberikan banyak pengamat sepakbola dunia atas keberadaan Grup D di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia mendatang. Usai pengundian, Grup D terlihat sebagai salah satu grup yang sukar diprediksikan siapa yang bakal unggul, walaupun ada raksasa sepakbola dunia, Argentina, di sana…

Betapa tidak, hingga kini konsistensi bintang Argentina, Lionel Messi, masih diragukan. Cemerlangnya bintang Messi di klub Barcelona tidak berbanding lurus dengan situasi di tim nasional. Apalagi di Grup D, Argentina bakal menghadapi tim penuh kejutan asal benua Afrika, Nigeria, kemudian ada dua tim yang tengah melesat di benua Eropa, Kroasia dan Islandia.

Dari ketiga lawan yang ada, Kroasia bakal menjadi tim tangguh Argentina. Tak heran pertandingan pertama keduanya di Nizhny Novgorod Stadium, 21 Juni 2018 mendatang, mendapat sorotan para pengamat sepakbola. Pertemuan terakhir mereka berakhir kemenangan Argentina atas Kroasia, 1-0 di putaran final Piala Dunia 1998. Namun apakah Messi dan kawan kawan dapat mengulang kemenangan tersebut? Sepertinya tak ada yang berani memprediksi, mengingat di Kroasia ada Ivan Rakitic yang merupakan kolega Messi di Barcelona. Sedikit banyak Rakitic sudah mengetahui cara bagaimana ‘mematikan’ Messi. Hal ini perlu diwaspadai Argentina, mengingat ucapan pelatih Jorge Samapoli usai pengundian. Samapoli mengatakan bahwa ia menjanjikan yang terbaik buat fans Argentina,

…apalagi saat ini kami memiliki pemain terbaik di dunia (Messi-red.),” ujar Samapoli. Ucapan sang pelatih yang sepertinya menegaskan betapa Argentina masih tergantung pada Messi.

Selain itu, Kroasia pun bakal menemui lawan tangguh yang sudah 6 kali dijumpai selama 8 tahun terakhir, Islandia. Head-to-head, Kroasia memang masih unggul, tapi perlu diketahui pada perjumpaan terakhir, Rakitic dan kawan-kawan kalah 0-1 dari para Islander. Sementara Islandia sudah pernah sekali bertemu dengan Nigeria di pertandingan persahabatan 1981, yang berakhir keunggulan Islandia 3-0.

Bicara soal sejarah dan statistik, Grup D akan punya sejarah pertandingan pertama kali bakal terjadi antara Argentina dan Islandia, serta Kroasia yang baru akan pertama kali melawan Nigeria. Argentina versus Nigeria? Sudah 4 kali terjadi pada gelaran piala dunia. Keempatnya dimenangi oleh Argentina: 2-1 di tahun 1994, 1-0 tahun 2002 dan tahun 2010, serta 3-2 di tahun 2014.

Siapa jagoan Anda di Grup D?

Salam Sepak!

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: