Serba-Serbi Grup F: Jerman Terlalu Tangguh buat Yang Lain…

Written by on Februari 1, 2018

Usai pengundian grup putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia, banyak pengamat mengatakan bahwa juara dunia Jerman berada di grup mudah. Coba saja lihat, di Grup F, Jerman ditemani Meksiko, Swedia Korea Selatan. Di sisi lain, pelatih Jerman Joachim Loew menampik posisi menguntungkan Jerman. Dia mengatakan Jerman berada di grup yang menarik, “Bakal ada percikan kecil di sana”.

Percikan kecil, bisa jadi itu merupakan tanda Jerman meremehkan 3 tim lain, atau bisa juga merupakan tantangan yang mungkin saja diberikan Meksiko, Swedia dan Korea Selatan, buat sang juara bertahan, Jerman.

Federasi Sepakbola Dunia FIFA mencatat di website resmi mereka, justru pertandingan kunci di Grup F disematkan untuk Meksiko versus Swedia, 17 Juni 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow. Hal tersebut menandakan FIFA pun sepertinya sudah mencatat ‘nama’ Jerman (juara dunia empat kali) di puncak Grup F. Karena itu, duel antara Meksiko dan Swedia merupakan duel maut penentu ‘teman’ Jerman untuk lolos dari babak grup.  Korea Selatan? Bisa jadi kuda hitam di grup ‘milik’ Jerman itu. Tim Negeri Ginseng itu sudah 3 kali bertemu Jerman, 4 kali bertemu Swedia, dan 12 kali bertemu Meksiko (termasuk saat Piala Dunia 1998 di Perancis. Hal tersebut dapat menjadi catatan Korea Selatan untuk memahami dan mematahkan daya dorong 3 tim lawannya.

Jerman dan Meksiko terakhir bertemu saat semifinal Piala Konfederasi FIFA di Rusia, Juni 2017. Saat itu, Jerman mengungguli Meksiko 4-1.

Lalu bagaimana dengan kans Swedia di Grup F? Catatan fantastis Swedia di babak kualifikasi perlu mendapat perhatian khusus dari anak-anak asuhan Joachim Loew. Betapa tidak, banyak pengamat menyebut kali ini Swedia layak disebut sebagai ‘pembunuh tim besar’. Tak kurang 3 finalis piala dunia telah ditaklukkan Swedia di babak kualifikasi menuju Rusia 2018, salah satunya adalah Italia.

Nah, siapa jagoan Anda di Grup F? Apakah Jerman?

Salam Sepak!


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: