Tiga Cara Ampuh dan Sederhana Cegah Penyakit Kanker

Written by on Februari 1, 2018

Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia DR. dr Aru Wisaksono Sudoyo menjelaskan bahwa meskipun penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan cukup mematikan, namun ternyata dapat dicegah hanya dengan menerapkan pola dan gaya hidup sehat saja.

Hal itu dijelaskannya dalam press briefing Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menyambut Hari Kanker Sedunia 2018, di Jakarta, Rabu (31/1/2017). “Sebenarnya hanya dengan menjaga pola dan gaya hidup sehat saja, maka kanker dapat dicegah.”

Ketua Yayasan Kanker Indonesia itu memberikan tiga kunci utama sederhana yang sukses mencegah penyakit kanker.

Pertama, dengan melakukan diet, yaitu pengaturan menu makanan sehari-hari yang sehat. Aru menyarankan agar masyarakat mulai menghindari makanan cepat saji dan mengganti dengan makanan sehat. Akibat buruk dari pola makanan yang dikonsumsi menyebabkan masalah didalam usus dan saluran pencernaan, yang dapat mengakibatkan kanker usus.

Kedua, mempertahankan berat badan ideal, yang penting untuk menjaga keseimbangan. Aru menyebut berat badan yang berlebih dapat meningkatkan risiko kanker. Menurutnya, saat ini kebanyakan orang yang mengalami peningkatan ekonomi cenderung membuat orang untuk makan berlebih, yang akhirnya mengalami obesitas dan resiko kankernya meningkat.

Ketiga, dengan rutin berolahraga sederhana seperti aerobik dan gerak badan sederhana lainnya dapat membuat kondisi badan tetap fit. Jika pola hidup sehat ini dijalankan, menurutnya risiko terkena kanker dapat dicegah sampai 35 persen. Angka itu bisa bertambah besar pula jika tidak merokok.

Sampai saat ini kanker jadi salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia. Pertumbuhannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Data dari Kemenkes, angka prevalensi kanker di Indonesia mencapai 1,4 per 1.000 penduduk. Dari data ini, perempuan paling banyak terkena kanker payudara dan leher rahim, sedangkan laki-laki banyak terserang kanker paru-paru dan usus.

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: