Ternyata Pria juga bisa kena Kanker Payudara loh! Apa Penyebabnya?

Written by on 5 February 2018

Secara umum kanker payudara diketahui menyerang para perempuan, namun ternyata penyakit ini juga bisa mengancam pria loh. Meskipun terjadinya kanker payudara pada pria hanya 100 kali lebih jarang ketimbang pada perempuan, namun bukan berarti kita tidak boleh untuk waspada!

Saat ini American Cancer Society memegang data yang memperlihatkan bahwa terdapat sekitar 2.250 kasus kanker payudara pada pria ditemukan pada 2018, dan sekitar 480 diantaranya diperkirakan meninggal dunia

Beberapa kesamaan yang terjadi antara kanker payudara pada wanita dan pria adalah sama-sama terdapat tumor atau pembengkakan pada payudara, kulit yang mengeras, puting yang masuk ke dalam, dan kemerahan.

Untuk pria sendiri, kanker payudara terdeteksi dengan mudah karena ukuran payudara yang lebih kecil dibanding wanita. Kanker pada pria dapat lebih mudah diketahui lantaran pada pria tumor itu dapat dengan mudah teraba. Bahayanya adalah, karena ukuran yang payudara yang kecil membuat sel kanker rawan menyebar ke area lain sekitar payudara.

Sampai sejauh ini masih belum dapat diketahui secara pasti penyebab munculnya kanker payudara pada pria. Namun, para ahli sepakat beberapa gaya hidup, hormon dan gen mempengaruhi kanker payudara pada pria. Mulai dari terpapar radiasi, alkohol, obesitas, usia, riwayat keluarga terkena kanker, hingga mutasi gen yang diwariskan.

Rata-rata pria yang didiagnosis menderita kanker payudara berusia 68 tahun. Karena penyebab pasti yang tak diketahui, upaya pencegahan khusus juga belum ditemukan. Namun, para ahli dari Cancer.org menyarankan agar para pria selalu menjaga berat badan ideal dan menghindari alkohol untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL