Buka Bulan K3, Menkes Minta Pekerja Perempuan Dilindungi

Written by on Februari 7, 2018

Menteri Kesehatan, Nina F Moeloek membuka bulan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2018 ini dengan tema sentral “Penguatan Peran Pekerja Perempuan dalam Mewujudkan Keluarga Sehat.” Tema itu jugalah yang membuatnya meminta kepada semua pihak untuk mulai melindungi dan memberi prioritas utama kepada para pekerja perempuan di segala bidang.

“Saya mau katakan bahwa para pekerja perempuan di Indonesia adalah tulang punggung ekonomi bangsa, meskipun mereka kurang diperhitungkan. Saat ini 30 sampai 40 persen pekerja informal itu adalah perempuan. Sudahkah mereka mendapat perlindungan saat bekerja, juga pengetahuan yang cukup untuk mengurus anak dan keluarganya? Pastinya belum, untuk itulah perempuan yang begitu banyak menjadi pekerja perlu dilindungi dan dikawal,” ujar Nina saat membuka seminar K3 di Auditorium Siwabessy, Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2018).

Selain itu Nina memberikan lima faktor dasar yang wajib diketahui oleh para pekerja perempuan. Pertama, para perempuan wajib mendapat pengetahuan mengenai cara mendidik, memberikan makanan dan menjaga kesehatan anak. Kedua, perempuan harus sehat terlebih dahulu untuk bisa menyehatkan keluarganya.

Ketiga, bersama dengan suaminya wajib mengatur secara baik dan menentukan jumlah anak yang akan dimiliki, beserta dengan kemampuan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari sampai anak diumur dewasa. Keempat, perempuan harus mampu mengefisiensikan pendapatan keluarga. Terakhir, perempuan harus mampu menciptakan lingkungan yang sehat bagi keluarganya.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: