Apa itu Aorta Dissection, Penyakit yang kini Diderita Dahlan Iskan?

Written by on Februari 8, 2018

Lama tak terdengar kabar, Dahlan Iskan justru muncul dengan mengatakan bahwa dirinya baru saja menjalani perawatan di salah satu rumah sakit karena sakit parah yang dideritanya. Dahlan mengatakan hal itu di akun resmi twitter @iskan_dahlan.

“Kalau ada yang bertanya Dahlan kemana beberapa bulan ini? Saya dirawat di salah satu RS karena menderita Aorta Dissection yang mengancam ke kematian dan sekarang saya menjadi manusia setengah Bionic,” ungkapnya, pada Senin (5/2).

Apakah penyakit Aorta Dissection tersebut? Dalam beberapa referensi, penyakit ini merupakan kondisi serius berupa robeknya lapisan dalam pembuluh darah aorta. Darah mengalir melalui robekan tersebut sehingga menyebabkan lapisan dalam dan tengah aorta mengalami pemisahan (diseksi).

Bila diseksi aorta tak ditangani dengan tepat, bisa memicu sejumlah komplikasi berbahaya antara lain perdarahan hebat, stroke, kerusakan katup aorta, kerusakan organ lain seperti usus dan ginjal, bahkan bisa berujung pada kematian.

Dahlan beberapa kali mengalami kondisi buruk, diantaranya pernah menjalani operasi ganti hati pada 2007 dan menabrakkan mobil listrik ke tebing pada 2013. Untuk penyakit yang saat ini dideritanya, Dahlan mengatakan akan mengungkapkannya secara detil lewat situs pribadinya, bertajuk ‘disway.id’ yang rencananya akan diluncurkan resmi pada 9 Februari 2018, tepat di Hari Pers Nasional, pada pukul 9 pagi.

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: