Waspada 5 Penyakit yang Terjadi di Pengungsian Banjir

Written by on Februari 8, 2018

Banjir yang melanda di beberapa kawasan di Jakarta membuat warga akhirnya harus dievakuasi dan mengungsi, seperti di Rawajati, Jakarta Selatan, Bidara Cina dan beberapa tempat lainnya.

Terdapat beberapa masalah kesehatan yang kemungkinan atau bisa saja menyerang para pengungsi tempat pengungsia, yang umumnya mempunyai kondisi tempat yang seadanya. Berikut adalah beberapa penyakit yang harus diwaspadai pengungsi, agar dapat menjaga kesehatannya selama dalam pengungsian dan kembali pulang kerumah tanpa membawa virus apapun.

Diare

Penyakit ini merupakan yang paling umum terjadi menyerang para pengungsi. Karena faktor keberadaan air bersih yang jadi kendala di pengungsian, akan menyebabkan bakteri dan kuman merajalela. Diare akan mudah menyerang siapa saja yang tidak menjaga kebersihan, terutama asupan air bersih.

ISPA

Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA, dikenal juga sebagai infeksi saluran napas. Infeksi ini disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, pipa pernapasan, atau paru-paru. ISPA diketahui berada di posisi pertama sebagai penyakit yang paling banyak diderita masyarakat, terutama anak-anak.

Gizi buruk

Umumnya, masalah utama yang terjadi juga di pengungsian adalah soal keterbatasan makanan. Keadaan ini membuat kecukupan gizi pengungsi menurun, dan berpotensi menyebabkan warga mengalami gizi buruk.

Demam hingga DBD

Cuaca yang dingin ditambah kondisi pengungsian yang terbatas membuat warga pengungsian juga bisa terserang demam, batuk, dan pilek.

Bahkan, genangan air di sekitar lokasi banjir juga akan menjadi sarang bakteri dan kuman. Dalam beberapa kondisi berat, pengungsi juga berpotensi terserang demam berdarah dengue (DBD).

Gatal-gatal dan penyakit kulit

Terlalu sering kontak dengan air banjir yang kotor dan tak segera dibersihkan akan menyebabkan orang berpotensi mengalami gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya.

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: