Serba-Serbi Grup H: Grup Mudah buat Polandia (?)

Written by on Februari 12, 2018

Grup terakhir di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia disebut banyak pengamat sebagai grup paling mudah, setidaknya untuk Polandia. Hal tersebut mengacu pada superioritas Polandia terhadap tiga tim lainnya, yaitu Senegal, Kolombia dan Jepang. Benarkah? 

Grup H merupakan grup yang tidak memiliki juara Piala Dunia di dalamnya. Keempat tim yang ada sama sekali belum pernah mencicipi manisnya menjadi tim nomor satu dunia. Hanya Polandia yang berhasil 2 kali mencapai tahap Semifinal Piala Dunia (1974 dan 1982).

Bicara soal pertarungan kunci Grup H, pengamat menyebut pertandingan antara Polandia dan Kolombia pada 24 Juni 2018 di Kazan Arena, merupakan penentu siapa yang bakal memuncaki ‘grup mudah’ tersebut. Ya, walau Polandia di atas kertas berada di atas angin, Kolombia kini punya 2 bintang yang patut diperhitungkan kala di lapangan hijau. Mereka adalah Radamel Falcao dan James Rodriguez. Apalagi saat ini anak-anak Kolombia punya misi mengulang bahkan melebihi prestasi mereka di Piala Dunia 2014 Brazil, kala mereka berhasil menggapai perdelapan final.

Selain Polandia dan Kolombia, Senegal berpotensi menjadi kuda hitam mengingat prestasi para Singa Teranga di Piala Dunia 2002 (Korea-Jepang) yang berhasil mencapai babak perempat final. Prestasi Senegal tersebut diraih dengan fantastis, diantaranya dengan mengubur impian juara dunia Perancis di babak grup dan Swedia di babak 16 besar. Akankah Senegal menjadi batu sandungan buat Polandia dan Kolombia?

Satu tim penghuni Grup H lainnya adalah Laskar Samurai, Jepang. Terkenal dengan semangat juang hingga akhir, Jepang pun menggapai asa mereka untuk juga berbicara di Rusia, setidaknya mengulang prestasi mereka menembus babak 16 besar kala Piala Dunia 2002 dan 2010.

Pemain yang bakal bersinar? Grup H punya kapten tim Polandia, Robert Lewansdowski yang menjadi pencetak gol terbanyak di babak kualifikasi Eropa, dengan 16 gol. Akankah Lewansdowski membanjiri gawang para lawan di babak grup dengan gol?

Siapa jagoan Anda?

Salam Sepak!


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: