Apa itu Prokrastinasi, Hal yang Perlu Dihindari agar Jauh dari Stres?

Written by on Februari 15, 2018

Target ini, sasaran itu, bila tak tercapai sanksi ini itu menanti. Ya, pada umumnya tingkat stres pada karyawan terkait pada masalah target yang dipasang oleh perusahaan. Secara tak sadar, situasi tersebut mengancam kesehatan mental karyawan. Untuk itu, ada hal yang perlu dihindari agar dapat menangkal stres atau mengolah stres di tempat kerja. Apa itu?

Namanya Prokrastinasi, yaitu sebuah tindakan mengganti tugas kepentingan tinggi dengan tugas berkepentingan rendah, sehingga tugas penting pun tertunda.

Hindari perilaku menunda pekerjaan atau Prokrastinasi, agar kita dapat mengurangi tekanan pekerjaan setiap hari. Karena bila kita menunda pekerjaan, maka tekanan bukan berkurang, tapi malah bertambah besar,” ujar Psikolog Inez Kristianti, M.Psi, dalam program Klinik RPKFM bersama Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI).

Selain itu, Dosen Psikologi di Universitas Atmajaya, Jakarta, itu pun menyarankan 2 tips untuk menghindari stres, yaitu:

  1. Kelola Gaya Hidup. Inez menyarankan kita untuk selalu aktif bergerak, yaitu olahraga. “Karena dengan olahraga kita dapat membakar energi-energi stres yang pada akhirnya menekan kita,” kata Inez. Selain itu, gaya hidup yang baik lainnya adalah tidur dan makan yang cukup, juga membiasakan diri bercerita kepada orang lain yang dipercaya bila ada masalah hidup.
  2. Kelola Tuntutan Diri. Menurut Inez, kadang-kadang orang stres karena tuntutan kepada diri terlalu berat. Misalnya harus menjadi ini, mendapat itu, dan lainnya. “Boleh untuk tetap menetapkan target, tetapi tetap menikmati prosesnya. Kalau tidak tercapai yang memang mau diinginkan itu, tetap kita dapat merasa belajar sesuatu dari prosesnya itu,” pungkas Inez Kristianti, M.Psi.

 

 

*Simak Klinik RPKFM seputar Kesehatan Jiwa, bersama Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI), setiap Kamis, pukul 10.00 WIB, hanya di FM96.30MHz Radio Pelita Kasih Jakarta.

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: