Mengapa Golden Time itu Penting buat Penderita Stroke?

Written by on Februari 15, 2018

Golden Time atau waktu emas pada penderita stroke adalah rentang waktu yang harus dimanfaatkan dengan baik dan benar saat serangan stroke terjadi. Orang-orang yang berada di sekitar penderita stroke wajib mengetahui betapa penting menangani penderita kala golden time. Pasalnya, kecepatan dan ketepatan waktu dalam pemberian tindakan medis sangat penting bagi penyelamatan jiwa penderita stroke.

Menurut Spesialis Syarat (Neurolog) dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr. Agus Yuda Wijaya, Sp.S, kemungkinan sembuh total bagi penderita stroke akan semakin tinggi bila ditangani di periode waktu emas. Waktu emas buat para penderita stroke terjadi adalah 3-4 jam pasca serangan.

Karena (dalam kasus stroke selama ini) sepertiga sembuh sempurna, sepertiga pulih sebagian, sepertiga tidak pulih sama sekali. Bahkan 10-20 persen meninggal segera setelah terkena stroke. (karena itu) segera tangani penderita stroke di masa golden time-nya,” ujar dr. Agus Yuda Wijaya, Sp.S dalam program Klinik RPKFM di Radio Pelita Kasih Jakarta.

Apa yang bisa dilakukan di masa golden time?

Bagi kalangan awam/umum, menurut dr. Agus Yuda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya jika ada muntah, segera miringkan kepala; kalau ada kejang, jangan memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya, malah akan menambah risiko; longgarkan pakaian/kancing baju untuk pernafasan. Hal tersebut dapat dilakukan, bisa disebut sebagai pertolongan pertama, jika tidak ada paramedis atau lokasi serangan stroke jauh dari fasilitas pelayanan kesehatan.

Bila terjadi di rumah, dan kebetulan keluarga mempunyai alat pengukur gula darah dan tekanan darah/tensi, segera gunakan sebagai informasi awal sebelum paramedis datang, atau segera bawa ke rumah sakit terdekat,” kata dr. Agus Yuda Wijaya, Sp.S.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: