Jangan Remehkan Keluhan Sakit Kepala bila Tak Ingin Terkena Stroke!

Written by on Februari 21, 2018

Ada banyak pandangan di masyarakat yang meremehkan keluhan-keluhan seputar kesehatan mereka. Misalnya bila sakit kepala yang tidak biasa dialami terjadi, biasanya kaum awam akan menghubungkan keluhan itu dengan kolesterol tinggi dan cenderung tak dianggap serius. 

Padahal, menurut Spesialis Bedah Syaraf, dokter Nia Yuliatri, Sp.BS, keluhan sakit kepala yang tidak biasa dialami seseorang, besar kemungkinan adalah gejala pecah pembuluh darah yang berujung pada stroke.

Misalnya pecah pembuluh darah utama karena aneurisma, pasien akan merasakan sakit kepala yang sangat hebat yang belum pernah dialami sebelumnya. Pecahnya bisa besar, bisa hanya rembes-rembes (kecil) yang mengakibatkan sakit kepala biasa (menurut orang awam),” ujar neurosurgeon dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan itu dalam program Klinik RPKFM, Selasa (20/02).

Menurut dokter Nia Yuliatri, Sp.BS, setiap keluhan bermakna, segera temui dokter atau datang ke rumah sakit untuk memeriksakan keluhan tersebut. Bila benar sakit kepala itu disebabkan adanya pecah kecil di pembuluh darah, maka penanganan stroke secara dini dapat dilakukan, dan kemungkinan pulih pun menjadi semakin besar. Hal tersebut akan jauh lebih baik daripada pasien datang ke rumah sakit saat pembuluh darahnya pecah besar.

Tapi, kalau ternyata setelah diperiksa, sakit kepala itu bukan karena pembuluh darah yang pecah, alhamdullilah…,” pungkas dokter Nia.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: