Manfaat Lintah untuk Pengobatan

Written by on Februari 26, 2018

Pemanfaatan lintah yang mengisap darah untuk mengobati penyakit sepertinya sisa-sisa abad pertengahan, tetapi perusahaan Polandia mengatakan ada permintaan meningkat oleh dokter-dokter untuk lintah ini.

Lintah tidak lagi digunakan untuk mengeluarkan darah dari tubuh manusia,  praktik yang umum di masa dahulu, tetapi kini lintah dinilai merupakan sebuah alat medis yang bermanfaat.

Ahli bedah acapkali memanfaatkannya untuk mengurangi pembengkakan dan pencegahan pembekuan darah dalam beberapa jenis bedah rekonstruktif, misalnya mengembalikan jari yang putus.

Hirudin sebuah anti-koagulan, merupakan salah satu dari ke-300 unsur berbeda yang diberikan lintah ke aliran darah ketika menghisap darah.

Salah satu unsur yang dikeluarkan oleh lintah merangsang produksi hormon gembira atau endorfin. Ini diamati di masa lalu ketika seekor kuda keluar dari kolam yang penuh lintah, kuda itu mulai tenang, lintah-lah yang menenangkan kuda itu,” kata Artur Kleina, kepala laboratorium Biogen.

Laboratorium Biogen sudah mengembangbiakkan lintah selama 20 tahun dan satu-satunya perusahaan di Polandia yang memiliki sertifikasi. Selain fasilitas medis, Biogen juga menjual lintah kepada klub-klub olahraga.

Mereka memesan lintah terus menerus dan menempelkannya pada tubuh atlit. Tidak saja ini meningkatkan efisiensi tetapi juga merangsang otot untuk melakukan regenerasi setelah melakukan latihan intensif,” lanjutnya.

BioGen mengembangbiakkan tiga spesies lintah, yang bukan merupakan tugas mudah. Lintah yang adalah hermaprodit, sangat berhati-hati dengan kondisi di mana mereka melakukan reproduksi.

Lintah ditetaskan dari kepompong setelah tiga minggu. BioGen mengekspor sekitar 400 ribu lintah setiap tahun ke seluruh Eropa dan juga Amerika, Kanada, serta beberapa negara Timur Tengah. [jm]


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: