Jumlah Dokter dan Tenaga Kesehatan di Asmat Dinilai Melimpah

Written by on Februari 27, 2018

Bupati Asmat, Provinsi Papua Elisa Kambu menyatakan bahwa saat ini jumlah dokter (termasuk dokter spesialis) dan tenaga kesehatan lainnya yang kini berada di Asmat sudah sangat melimpah. Sebelumnya, Asmat sangat kekurangan dokter dan tenaga kesehatan, sehingga membuat penanganan masalah wabah campak dan gizi buruk di wilayah itu sempat terkendala.

“Dulunya kami sangat kekurangan tenaga dokter, apalagi dokter spesialis, sekarang justru kebanjiran dokter. Kami berharap kondisi seperti ini juga merata di seluruh Papua,” kata Kambu.

Bupati menambahkan, seluruh pasien yang pernah dirawat di RSUD Asmat maupun Posko Pelayanan Kesehatan Terpadu di Agats telah kembali ke kampung mereka masing-masing. Tim kesehatan terpadu terus memantau upaya pemulihan kembali kondisi kesehatan warga, terutama anak-anak yang pernah mengalami seragan campak dan gizi buruk.

Pemkab Asmat bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait dari pusat juga terus memberikan pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat soal pemukiman yang sehat, masalah sanitasi dan air bersih.

“Untuk tenaga kesehatan, selain akan diterima di daerah dengan sistem kontrak, kami juga harapkan ada dukungan dari pusat melalui program Nusantara Sehat sehingga tenaga-tenaga yang ada itu kita dorong ke setiap Puskesmas untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan di tingkat distrik-distrik,” jelas Bupati Kambu.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: