Warna Kotoran Telinga, Indikasi Masalah Kesehatan Anda

Written by on Maret 3, 2018

Kesehatan telinga dan pendengaran sangat penting terhadap kondisi tubuh kita dalam menjalankan aktivitas sehari-sehari. Sedikit saja bermasalah, dapat mengakibatkan adanya penyakit atau kelemahan yang dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Untungnya, ada beberapa deteksi sederhana yang dapat kita ketahui mengenai kondisi tubuh kita, melalui telinga. Dilansir Brightinside, ternyata kotoran telinga selain mempunyai fungsi pelindung, namun juga bisa mengindikasikan kondisi kesehatan seseorang.

Berikut beberapa arti kesehatan dilihat dari warna kotoran telinga:

Abu-abu

Jika kotoran telinga berwarna abu-abu tanpa adanya gejala lain, anda tidak perlu khawatir. Umumnya, ini hanyalah problem gangguan dari polutan dan debu saja. Warna ini umumnya dialami penduduk yang tinggal di wilayah yang udaranya tercemar.

Warna bekas darah

Jika anda melihat adanya bekas darah saat membersihkan telinga, ini bisa mengindikasikan gendang telinga berlubang. Situasi ini bisa membuat telinga Anda terkena infeksi, lalu otitis hingga membuat memburuknya pendengaran Anda. Jika mengalami hal ini, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Coklat

Warna ini menunjukan bahwa debit kotoran telinga anda berlebihan. Kondisi ini menginformasikan bahwa tubuh Anda telah mengalami masa-masa sulit. Rekomendasinya, Anda perlu meluangkan beberapa hari di lingkungan yang tenang dan damai.

Hitam

Jika keadaan ini terjadi hanya sekali, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika telinga Anda gatal, dan rasa gatal menjadi lebih hebat, maka Anda harus mengunjungi dokter karena warna hitam dari kotoran telinga menandakan infeksi jamur.

Putih

Keadaan ini menandakan anda sedang kekurangan vitamin dan zat mikro di dalam tubuh, khususnya besi dan tembaga. Sebaiknya menambahkan kacang dan oatmeal ke dalam makanan Anda. Tidak akan buruk juga jika mengkonsumsi vitamin juga.

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: