Wow, Mantan Presiden FIFA Tolak Penggunaan VAR di Piala Dunia 2018

Written by on Maret 4, 2018

Mantan presiden FIFA Sepp Blatter menyampaikan pernyataan yang kontroversial. Dirinya menentang penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Piala Dunia 2018 di Rusia nanti. Hal ini bertolak belakang dengan dukungannya terhadap kehadiran teknologi garis gawang di Piala Dunia 2014.

Salah satu alasan utama Blatter adalah bahwa teknologi baru itu tidak seharusnya diuji coba di event terakbar sepakbola dunia tersebut. Hal ini menjadi tantangan besar bagi FIFA sendiri, karena sebelumnya kepala komersial FIFA bernama Philippe Le Floc’h membuka kemungkinan untuk memakai VAR di Piala Dunia musim panas mendatang yang akan digelar di Rusia.

Seperti diketahui, VAR sendiri akhir-akhir ini kerap menjadi perdebatan karena banyak pihak yang merasa dirugikan. Selain membuat wasit mengambil keputusan dalam waktu yang lama, banyak suporter menilai kehadiran VAR justru menghilangkan keseruan dari pertandingan itu sendiri.

Blatter,  yang sebelumnya menjadi orang yang menyetujui penggunaan teknologi garis gawang di Piala Dunia 2014 di Brasil, memang pernah meminta pihak-pihak yang berwenang untuk berhati-hati terhadap VAR dengan menyebut Piala Dunia “tidak bisa dijadikan bahan eksperimen untuk perubahan mendasar semacam itu”.

VAR kini sudah mulai dipakai di berbagai liga di Eropa termasuk Inggris, yang tengah menjajal teknologi baru tersebut untuk piala domestik namun belum menerapkannya untuk Liga Primer.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: