Studi: Panjang Umur buat Orang Tua yang Berolahraga

Written by on Maret 5, 2018

Sebuah strudi terbaru di Inggris menemukan bahwa orang tua yang berolahraga memiliki tingkat harapan hidup yang lebih panjang daripada orang tua yang hanya duduk seharian di rumah. 

Para peneliti menanyakan lebih dari seribu orang responden berusia diantara 71 sampai 92 tahun. Semua responden diberikan alat penghitung gerak selama seminggu untuk memantau pergerakan mereka selama 6 tahun. Seperti dilaporkan dalam the British Journal of Sports Medicine, setiap setengah jam aktivitas fisik seperti olahraga dilakukan, mengurangi risiko kematian hingga 17%.

Bagi siapapun (orang tua) yang mampu, adalah hal yang baik untuk berolahraga kurang lebih 150 menit per minggu, dengan intensitas moderate ke atas. Pasalnya, aktivitas fisik membuat jantung berdetak lebih cepat,” ujar pemimpin studi tersebut, Barbara Jefferis. “Bahkan dengan aktivitas fisik yang ringan, yang dilakukan secara rutin, mampu meningkatkan harapan hidup orang tua,” tambah Jefferis.

Sementara itu, Keith Diaz, Peneliti dari Columbia University Medical Center di New York yang tidak ikut dalam penelitian tersebut, mengatakan bahwa penelitian tersebut masih bisa diperdebatkan. Namun Diaz mengamini bahwa melakukan olahraga yang rutin jauh lebih baik daripada tidak sama sekali, buat orang tua.

Jadi, apakah satu langkah dalam 1 menit setiap saat atau 10 menit setiap saat, dapat membuat orang tua lebih sehat,” ujar Diaz.

Lebih lanjut, Diaz mengatakan bahwa olahraga rutin dapat mengurangi tekanan darah tinggi, gula darah, berat badan, trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL). Semua itu, menurut Diaz, akan menyehatkan jantung dan seiring dengan itu meningkatkan harapan hidup orang tua.

Olahraga juga dapat membantu mengelola ingatan/memori dan pikiran dengan cara melepaskan cairan kimia di otak yang berdampak pada kesehatan sel-sel otak dan pertumbuhan sel-sel darah baru di otak,” pungkas Diaz.

Sumber: reuters.com


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: