Arsip Rekaman Jimi Hendrix Dalam Album Baru

Written by on 9 March 2018

Album “Both Sides of the Sky” diumumkan sebagai bagian akhir dari sebuah trilogi berisi berbagai rekaman studio Jimi Hendrix, menyusul album “Valleys of Neptune” yang dirilis 2010 dan “People, Hell and Angels” yang diluncurkan pada 2013. Hampir seluruhnya berasal dari berbagai sesi rekaman di studio Record Plant di New York, antara Januari 1968-Februari 1970.

Sepuluh dari 13 track lagu belum pernah dirilis sebelumnya, meski beberapa adalah versi lain atau versi instrumental dari track milik Hendrix yang sudah dikenal.

Lantunan lagu “Woodstock” milik Joni Mitchel, misalnya, direkam hanya 42 hari setelah festival musik itu, menampilkan Hendrix pada bass dan Stephen Stills untuk vokal dan organ. Lagu itu terdengar seperti track demo yang dirilis ole Crosby, Stills, Nash & Young sekitar lima bulan kemudian. Hendrix berganti memainkan gitar pada lagu Stills yang lain,  “$20 Fine,” yang juga terdengar sangat bergaya CSN&Y. Atau lebih tepat, CSNY&H.

Lonnie Youngblood menyanyikan dan memainkan saxophone pada “Georgia Blues,” sedangkan Johnny Winter menyumbang permainan gitarnya yang sangat baik pada lagu “Things I Used to Do.”

“Sweet Angel,” track tertua di sini dan satu-satunya yang direkam di London adalah versi instrumental dari “Angel,” sebuah lagu balada yang indah dan dekat dengan lagu “Little Wing.”

“Power of Soul” dibuat oleh Eddie Kramer dan Hendrix di studio miliknya, Electric Lady Studios, hanya beberapa minggu sebelum kematiannya. Hendrix terkenal perfeksionis dan mungkin dia terus memperbaiki komposisi lagu yang kompleks, bersemangat dan optimistik. Tapi lagu itu tampaknya memberikan contoh yang jelas apa yang akan disajikan berikutnya. [ft]


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL