Makanan Organik Lebih Enak Dan Sehat

Written by on Maret 16, 2018

Ketika mendengar kata makanan orang pasti berpikiran berbeda-beda. Ada yang terbayang makanan sehat, cepat saji, makanan ringan, berat bahkan makanan asing seperti steak, sushi, pizza dll. Sebenarnya semua makanan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing ketika dikonsumsi.

Seperti makanan organic banyak yang berpikir jika makanan organik pasti tidak enak, tidak ada rasa dan tidak seenak makanan non organik. Menurut Ibu Santi,  sebenarnya makanan organic memiliki rasa yang sama enak bahkan lebih enak dari makanan non organik dan cepat saji.

Selain ada rasa enaknya, makanan organik juga memiliki enzim yang sangat berguna untuk badan. Jika suka memasak maka makanan organik juga bisa divariasi dengan bahana makanan sehat lainnya seperti yang biasa dilakukan dengan bahan-bahan makanan non organik.

Makanan organic lebih alami karena tidak mengandung zat kimia, dari pupuk, pestisida dan tentunya lebih bersih karena di budidayakan dengan profesional.

Selain makanan, mengonsumsi buah juga bagus untuk kesehatan. Semua buah memang bagus untuk kesehatan tapi tetap disarankan untuk memilih buah mana yang baik dan cocok untuk dikonsumsi. Usahakan mengonsumsi buah yang organic khususnya buah yang tidak berkulit seperti strawberi.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan makanan yang sehat

Cuci bersih bahan-bahan makanan sebelum dimasak.

Semua bahan makanan berasal dari tempat yang tidak dapat dijamin kebersihannya. Maka dari itu sangat diharuskan mencuci bersih semua bahan makanan seperti sayur dan buah. Karena bisa saja sayur atau buah yang akan dikonsumsi mengandung bahan pengawet, pewarna, bahan kimia atau yang biasa disebut pestisida.

Memilih kondisi buah dan sayur sebelum dibeli.

Sebelum membeli buah dan sayur sangat disarankan untuk memilih terlebih dahulu. Kondisi bagus atau tidak,bisa dilihat dari warna, bentuk dan kesegarannya.

Memilih Tempat yang dipercaya saat membeli sayur dan buah

Ketika membeli sayur dan buah biasanya kita lebih sering beli di tukang sayur, tukang buah, pasar dan supermarket. Namun bukan berarti tempat-tempat tersebut bisa menjamin jika buah dan sayur dijual dalam kondisi yang baik. Sering kali yang dijual adalah barang-barang lama yang sudah diberi bahan pengawet sehingga tetap terlihat bagus dan segar. Maka sangat disarankan untuk membeli sayur dan buah di toko-toko resmi yang menjual buah dan sayur organik.

Rasa manis pada makanan atau minuman memang sangat disukai sebagian orang. Namun ternyata kurang bagus untuk kesehatan. Ketilka meminum jus usahakan tanpa gula, madu, susu kental manis atau pemanis lainnya. Karena dengan adanya madu, susu, gula atau pemanis lainnya membuat enzim dan khasiat dari buah tersebut berkurang. Disarankan untuk mengonsumsi jus tanpa gula walaupun tidak terlalu enak rasanya tetapi bagus untuk tubuh dan kesehatan.

Selain itu tidak disarankan mengonsumsi jus dengan tambahan pemanis.  sebaiknya tidak mengonsumsi jus pada malam hari karena bisa membuat gangguan kesehatan. Apa lagi jika mengonsumsi jus tanpa mengonsumsi makanan berat sangat tidak dianjurkan. Mengonsumsi jus pada malam hari juga bisa menyebabkan susah tidur sehingga orang lebih cenderung ingin bergadang sehingga menganggu kesehatan badan.

Ketika melakukan diet harus tetap mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna namun porsinya yang dikurangi. Diet bukan berarti tidak bisa atau tidak boleh mengonsumsi makanan berat. Tidak mengonsumsi makanan berat bisa menyebabkan penyakit tipes, maag dan penyakit percernaan lainnya. Jadi makanlah makanan 4 sehat 5 sempurna dengan seimbang dalam porsi kecil. Be healthy n fit!

(Karina Mariska)

 

 

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: