Bagaimana Cara Mengurangi Kemacetan Di Jalan?

Written by on Maret 22, 2018

Setiap hari pasti masyarakat Jakarta mengalami kemacetan lalu lintas kemanapun mereka pergi. Sudah banyak cara dan strategi dilakukan oleh pemerintah dan polisi untuk mengurangi kemacetan khususnya di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Kemacetan di Jakarta semakin hari semakin parah apa lagi sekarang dengan adanya pembangunan MRT, LRT, jalan layang, underpass, perbaikan trotoar  sehingga membuat jalan semakin sempit dan rusak karena terkena proyek pembangunan.

Maka pemerintah membuat beberapa peraturan tambahan seperti

Nomor kendaraan ganjil genap

Peraturan ganjil genap ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu namun hanya di beberapa kawasan tertentu seperti Thamrin Sudirman, Kuningan, Semanggi. Peraturan ini dibuat untuk membatasi pengendara mobil. Pengendara mobil bisa melewati daerah tersebut sesuai angka belakang plat nomor kendaraannya dengan tanggal di hari itu,  seperti tanggal dengan angka ganjil maka hanya kendaraan ber plat nomer ganjil yang bisa melintasi daerah tersebut ,sebaliknya jika tanggal genap maka hanya kendaraan ber plat nomer genap saja yang boleh melintasi daerah tersebut.

Membuat jalur khusus bus  

Untuk mengurangi kepadatan lalu lintas maka pemerintah akan membuatkan jalur khusus untuk bus, busway dan kendaraan besar.

Walaupun sudah ada peraturan baru untuk lalu lintas di Jakarta dan sekitarnya setiap pengendara harus tetap berhati-hati saat berkendara. Bahkan ada peraturan lain yang dibuat oleh pemerintah untuk keselamatan saat berkendara seperti

Larangan mendengarkan musik dan merokok

Ketika berkendara diperlukan konsentrasi yang tinggi agar tidak terjadi kecelakaan. Ada peraturan baru untuk pengendara sepeda motor yaitu tidak boleh mendengarkan musik. Hal ini sangat tepat karena ketika mendengarkan musik menggunakan earphone pengendara motor tidak dapat mendengar suara-suara di sekitarnya sehingga rawan kecelakaan. Rokok juga sangat dilarang ketika sedang berkendara. Selain rokok tidak bagus untuk kesehatan rokok juga membuat pengemudi kehilangan konsentrasi bahkan dapat mencelakakan orang lain karena asap atau api rokok tersebut.

Larangan menggunakan gadget

Mengemudi memerlukan konsentrasi yang tinggi oleh karena itu menggunakan gadget seperti handphone, tablet bahkan GPS dilarang karena mengganggu konsentrasi pengendara saat melakukan perjalanan. Apabila peraturan tersebut dilanggar maka pengendara bisa terkena tilang dengan jumlah yang cukup besar dan juga merepotkan.

(Karina Mariska)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: