Makanan yang harus Diperhatikan saat Berbelanja bagi Penderita Diabetes

Written by on April 10, 2018

Memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sangat penting untuk menjaga kesehatan, apalagi bagi penderita diabetes. Saat berbelanja makanan dan minuman, ada baiknya kita mulai memilah-milah mana makanan yang harus dibeli dan mana yang harus dihindari agar kita dapat mengontrol diabetes tersebut. Pada program Klinik RPK (04/04), telah dibahas jenis makanan dan minuman yang dapat dibeli ketika berbelanja.

Makanan yang harus dibelanjakan oleh penderita diabetes tentunya adalah makanan sehat, yang tidak mengandung banyak gula dan karbohidrat seperti sayuran. Kandungan vitamin dan mineral dalam sayuran membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Tak hanya itu, kandungan serat tinggi dalam sayuran dapat membuat tidak cepat lapar sehingga kita lebih mampu mengontrol nafsu makan dan gula darah. Beberapa sayuran yang bisa dibeli adalah: Brokoli, Bayam, Asparagus, Kembang kol, Terong, Wortel, Zucchini.

Selain sayuran, mengkonsumsi buah juga baik untuk tubuh. Walaupun buah mengandung gula alami, namun buah juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa buah yang bisa dibeli adalah: Jeruk, Anggur, Kiwi, Tomat, Ceri, Strawberi.

Selain itu kita dapat membeli biji-bijian utuh, karena biji-bijian ini mengandung nutrisi karbohidrat kompleks yang tinggi serat sehingga gula yang terkandung di dalamnya akan dicerna tubuh secara perlahan. Dengan demikian, kadar gula akan lebih terkontrol. Beberapa contoh makanan kelompok biji-bijian utuh adalah: Quinoa, Beras merah, Pasta gandum, Roti gandum, Oatmeal

Daging juga dapat dikonsumsi karena merupakan sumber protein yang penting untuk penderita diabetes, juga dicerna lebih lama oleh tubuh. Sehingga, hal ini membuat energi tersedia dalam tubuh lebih lama dan kadar gula darah lebih terkontrol. Beberapa makanan sumber protein yang baik untuk penderita diabetes adalah: Daging tanpa lemak, Ayam tanpa kulit, Ikan, Tahu, Tempe, Telur.

Hati-hati dalam memilih minuman. Banyak produk minuman yang mengandung gula tersembunyi sehingga bisa berdampak pada gula darah. Susu juga mengandung kalsium dan protein tinggi yang penting untuk kesehatan. Namun, tidak semua produk susu bisa dikonsumsi. Beberapa pilihan minuman untuk diabetes adalah: Air mineral, Kopi tanpa pemanis, Teh tanpa pemanis, Jus buah tanpa gula, Susu skim atau rendah lemak, Yogurt.

Makanan yang harus dihindari saat belanja

Penderita diabetes tidak bisa makan dengan bebas seperti orang normal. Salah makan dapat memperburuk kondisinya. Beberapa makanan untuk diabetes pun harus dibatasi konsumsinya, bahkan dihindari. Makanan tersebut adalah makanan yang dapat menyebabkan gula darah naik. Beberapa makanan yang harus dihindari adalah: Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana atau gula tinggi, Makanan kaleng yang  mengandung tinggi natrium, Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans, seperti makanan yang digoreng, daging banyak lemak, ayam dengan kulit, permen, kue manis, Selai atau jelly, Minuman bersoda, Minuman berenergi, Teh manis, Kopi dengan gula dan krim

Baca informasi nilai gizi

Ini memudahkan Anda dalam memilih makanan yang harus dibeli atau tidak. Lihat bahan-bahan yang terkandung. Biasanya, bahan-bahan tercantum secara berurutan dari jumlah kandungan tertinggi sampai terendah.

Cari tahu apakah ada kandungan gula tersembunyi atau tidak. Gula yang biasanya ada dalam makanan atau minuman kemasan terkandung dalam bentuk sirup jagung, fruktosa, dan dekstrosa. Batasi atau hindari makanan yang mengandung pemanis buatan, seperti aspartam, sukralosa, sakarin, dan kalium asesulfat.

(Nadya Joan)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: