6 Hal yang Membuat Anak Malas Belajar

Written by on April 11, 2018

Orang tua pasti mengalami masalah anak mereka malas belajar sehingga membuat orang tua stress, kesal bahkan sampai tidak peduli lagi dengan anaknya. Hal ini disebabkan karena belum tentu semua anak suka belajar, pada umumnya di usia anak-anak pasti suka bermain.

Ada beberapa hal yang membuat anak tidak suka atau malas belajar seperti:

Tidak suka dengan mata pelajaran di sekolah

Setiap anak pasti memiliki mata pelajaran yang disukai dan yang tidak disukai. Ketika menghadapi pelajaran yang disukai anak pasti akan merasa senang dan rajin belajar tetapi ketika menghadapi pelajaran yang tidak disukai anak cenderung malas belajar bahkan sama sekali tidak mau membahas pelajaran itu.

Tidak suka dengan guru di sekolah

Tipe guru mengajar bermacam-macam ada yang menyenangkan, lucu, seru ada juga yang datar, membosankan bahkan membuat mengantuk. Cara mengajar guru di sekolah mempengaruhi anak dalam belajar walaupun mungkin saja jika pelajaran yang diajarkan adalah pelajaran kesukaannya tetapi tidak suka dengan gurunya atau cara belajar gurunya.

Menganggap sekolah tidak penting

Setiap anak pasti memiliki pandangan dan pemikiran yang berbeda tentang sekolah. Ada anak yang menganggap sekolah adalah hal yang penting tetapi ada juga yang menganggap sekolah tidak penting karena tidak akan dipakai di masa depan. Biasanya anak-anak yang memiliki pemikiran tersebut adalah anak-anak yang ingin menjadi olah ragawan model, seniman atau pekerja di dunia seni.

Tidak suka dengan cara belajar di sekolah

Cara belajar di sekolah mempengaruhi minat anak dalam belajar. Cara belajar di setiap sekolah tentu berbeda ada yang cepat, lambat, padat, santai, membosankan, menyenangkan, seru.

Ada teman yang tidak disukai

Salah satu faktor anak rajin ke sekolah adalah teman jika anak menemukan teman yang enak dan cocok maka bisa membuat anak betah di sekolah dan semangat ke  sekolah. Tetapi jika anak tidak suka atau memiliki saingan maka anak akan merasa malas ke sekolah bahkan minta pindah sekolah

Bullying dan dibanding-bandingkan

Di setiap sekolah pasti ada siswa yang dibully atau disbanding-bandingkan dengan saudara atau temannya. Hal ini secara langsung membuat anak menjadi minder dan malas sekolah karena merasa dirinya rendah dan tidak ada yang bisa dibanggakan.

(Karina Mariska)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: