7 Cara Membuat Anak Senang Belajar

Written by on April 18, 2018

Terdapat beberapa hal yang krusial yang membuat anak tidak menyenangi dunia pendidikan. Uatamanya adalah belajar di rumah. Sebauh hal yang membuat kebanyakan orangtuan merasa menyerah dan menyerahkannya pada sekolah. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membuat anaknya mau belajar.

Mendukung apapun yang anak lakukan

Orang tua sering kali menentang atau melarang anaknya melakukan hal yang anaknya sukai tetapi orang tua tidak suka. Hal ini sebenarnya tidak boleh dilakukan karena setiap anak pasti memiliki keinginannya sendiri tetapi ada yang sama dengan orang tuanya ada juga yang berbeda. Sebagai orang tua harus selalu mendukung anaknya dan bila menentang harus ada alasan kuat yang bisa diterima oleh anak.

Memperhatikan anak

Walaupun sibuk sebagai orang tua harus tetap memperhatikan anaknya seperti membuatkan bekal untuk dibawa ke sekolah, mengantarkan anak, melakukan komunikasi seputar kegiatan anak. Jika orang tua melakukan itu maka anak akan merasa nyaman dan mau terbuka dengan orang tua. Tetapi jika orang tua cuek bisa saja anak menjadi tertutup bahkan menceritakan masalahnya pada orang lain.

Mendampingi anak

Orang tua sebaiknya mendampingi anaknya ketika belajar karena dengan orang tua mendampingi anak maka anak akan merasa senang dan bisa menambah semangat anak untuk belajar.

Jangan memarahi anak

Banyak orang tua yang langsung memarahi anaknya jika melakukan kesalahan atau mendapat nilai jelek. Hal ini membuat anak menjadi tertekan dan ketakutan. Seharusnya sebagai orang tua bisa mengerti keadaan anak dan lebih memilih mencari tahu kenapa, menasehati bukan memarahi anaknya.

Memberikan fasilitas

Orang tua pasti memberi anaknya fasilitas tetapi terkadang fasilitas yang diberikan terlalu berlebihan sehingga membuat anak menjadi malas belajar. Orang tua boleh saja memberi anak fasilitas tetapi harus sesuai dengan apa yang anak butuhkan.

Memberi hadiah

Anak pasti senang diberi hadiah oleh orang tuanya. Tetapi orang tua harus mengatur strategi supaya anak berusaha mendapatkan apa yang anak mau seperti memberi hadiah berupa barang atau pergi ke tempat yang anak sukai jika anak tersebut rajin belajar, menang lomba, naik kelas atau mendapat prestasi lainnya.

Membuat jadwal belajar dan menciptakan cara belajar yang menyenangkan

Orang tua bisa membuat jadwal belajar yang sesuai dengan kondisi anak. Tetapi jadwal tersebut bisa dilakukan bila sudah disetujui oleh anak dan orang tua. Selai membuat jadwal orang tua harus bisa membuat kondisi belajar yang menyenangkan untuk anak. Dengan begitu anak akan merasa senang dan rajin belajar.

(Karina Mariska)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: