Therapeutic Feeding Center, Ampuh Turunkan Kasus Gizi Buruk

Written by on April 18, 2018

Kasus Gizi Buruk yang beberapa bulan lalu melanda penduduk Asmat Papua tentu menjadi catatan serius untuk dunia kesehatan terutama di Indonesia. Sebenarnya Kementerian Kesehatan sudah jauh-jauh hari “sedia payung sebelum hujan” untuk kasus seperti ini, salah satunya dengan membuat program TFC (Therapeutic Feeding Centre) atau PPG (Pusat Pemulihan Gizi) sejak 2013 silam.

Pentingnya program ini terlihat saat Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila Moeloek menyambangi Puskesmas Sungai Durian di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat untuk melihat TFC disana yang merupakan yang pertama di Indonesia. Secara umum TFC bekerja melalui sosialisasi gizi buruk serta penanganannya, pelatihan kader, pelacakan gizi buruk, asuhan dokter spesialis anak, asuhan nutrisi, asuhan keperawatan, dan pelayanan kesehatan.

”Sebagai contoh dari anak yang 4 bulan dengan berat badan 2,3 kg perkembangannya cukup baik dan berhasil. Sekarang sudah kelas 6 artinya kepandaiannya cukup bagus,” jelas Menkes, dirilis laman depkes.go.id, Selasa (17/04/2018).

Keampuhan TFC di wilayah itu terbukti dengan menurunnya kasus gizi buruk di Kubu Raya sejak 2013. Selain itu kesadaran masyarakat atas pentingnya kesehatan membuat mereka juga datang sendiri ke Puskesmas, ditopang dengan sigapnya para petugas kesehatan yang proaktif mendatangi masyarakat bersama kader Posyandu.

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: