Apa Hubungannya Antara Gangguan Tidur dan Gangguan Jiwa?

Written by on Mei 8, 2018

Sahabat RPK pasti pernah merasa sulit untuk tidur meskipun sudah larut malam. Hal ini memang wajar dialami setiap orang, namun jika sering merasa kesulitan tidur maka Sahabat RPK harus mulai mewaspadainya, bisa jadi Sahabat RPK mengalami gangguan tidur. Yang dimaksud dengan gangguan tidur adalah saat waktu tidur menjadi tidak teratur dan mengganggu fungsi kerja.

Ada banyak jenis gangguan tidur, jenis gangguan yang umum kita ketahui seperti Insomnia yaitu gangguan sulit untuk jatuh tidur atau mempertahankan tidur atau juga sudah tidur lama namun masih merasa kurang. Gangguan sebaliknya adalah Hypersomnia yaitu gangguan dimana waktu tidur berlebih. Penyebab gangguan tidur bermacam-macam, misalnya konsumsi minuman seperti kopi atau juga tuntutan pekerjaan.

Hubungan gangguan tidur dan gangguan mental cukup erat. Gangguan tidur dapat menyebabkan gangguan mental, jika tidur tidak cukup maka dapat mempengaruhi mood seseorang. Gangguan mental juga menyebabkan gangguan tidur, misalnya pada Orang dengan Skizofrenia (ODS) atau Orang dengan Bipolar (OBD) akan cenderung sulit tidur atau tidur berlebih karena mengalami fase depresi.

Terdapat beberapa jenis obat bagi ODMK (Orang dengan Masalah Kejiwaan) yang mempengaruhi waktu tidur, oleh karena itu penting untuk evaluasi penyebab gangguan tidur, apakah karena efek samping obat atau karena efek gangguan jiwa itu sendiri. Kondisi setiap orang berbeda-beda sehingga ODMK disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai  kebutuhan.

dr. A. Alvina, SpKJ menjelaskan beberapa tips untuk mudah tidur pada segmen Klinik RPK bersama Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI), Kamis (03/05). Pertama, gunakanlah kamar tidur hanya untuk tidur. Jika ingin melakukan aktivitas maka pindahlah ke ruangan lain, dengan demikian otak mengasosiasikan untuk mudah mengantuk saat berada di kamar tidur. Kedua, ciptakan suasana yang nyaman untuk tidur, kenakan pakaian yang nyaman, atur suhu kamar yang nyaman, dan pencahayaan yang tepat. Terakhir, perhatikan ritual yang dilakukan sebelum tidur dan apa yang dikonsumsi sebelum tidur. Hindari gadget saat ingin tidur karena gadget dapat mendistraksi kita untuk jatuh tidur. Selain itu pertahankan pola hidup sehat dengan olah raga dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Upayakanlah untuk bisa mendapat tidur yang benar-benar cukup, karena jika kurang tidur, selain secara fisik tidak terasa enak, secara mental dan pikiran juga tidak enak, daya konsentrasi pun menjadi kurang. Jika segala cara sudah diupayakan namun masih sulit tidur, maka konsultasikan kepada pihak medis agar mendapatkan terapi atau penanganan yang tepat. Ubah cara berpikir terhadap waktu tidur, untuk setiap kegiatan ada waktunya.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: