Studi: Kopi Turunkan Resiko Beberapa Jenis Kanker

Written by on Juli 2, 2018

Sebuah studi yang diterbitkan Journal of National Cancer Institute dan melibatkan 50.000 responden pria selama 20 tahun menemukan bahwa zat-zat yang terkandung di dalam kopi bukan cuma sebatas membuat kita tetap fokus dan waspada, namun bisa menurunkan risiko kanker.

“Senyawa kopi ini dan lainnya terbukti meningkatkan pengeluaran energi, menghambat kerusakan sel, mengatur gen yang terlibat dalam perbaikan DNA, memiliki sifat anti-inflamasi dan/atau menghambat metastasis, di antara kegiatan lainnya,” tulis American Cancer Society (ACS).

Kopi dikenal memiliki ratusan senyawa aktif biologis termasuk kafein, flavonoid, lignan, dan polifenol lainnya didalam minuman yang kini populer di Indonesi tersebut. Lagi, menurut ACS para peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat.

Selain itu, sebuah penelitian juga mengungkap, minum empat cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kanker mulut dan tenggorokan. Namun, penulis studi tahun 2012, Janet Hildebrand mengatakan, mereka tidak merekomendasikan orang minum kopi sebanyak ini, karena perlu banyak penelitian berskala besar untuk membuktikannya.

The British Liver Trust mengungkapkan juga, kopi disebut baik untuk kesehatan hati. “Secara teratur minum kopi dalam jumlah sedang dapat mencegah kanker hati,” ungkap lembaga tersebut.

Sementara itu ACS juga menambahkan kopi dapat melindungi seseorang dari kanker rahim karena kandungannya yang kaya akan polifenol. Kandungan dalam kopi juga diklaim dapat mengurangi hormon estrogen sehingga risiko kanker rahim bisa ditekan.

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: