Naik Mobil Pribadi Belum Terjamin Bebas Polusi Udara

Written by on Juli 30, 2018

Tidak dapat dipungkiri bahwa Jakarta merupakan kota paling berpolusi di dunia. Sehingg banyak masyarakat yang melakukan aktivitasnya menaiki mobil pribadi. Pilihan tersebut untuk menghindari udara luar yang tercemar.

Namun, berkendara dengan mobil pribadi di jalan raya tak menjamin aman dari polusi udara. Masyarakat menganggap naik kendaraan ber-AC dan tertutup itu aman dan bebas dari polusi. Nyatanya tidak, bahkan polusi di dalam mobil tetap saja tinggi dan melebihi ambang batas dari WHO.

Penelitian dari Akademisi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia menemukan bahwa seseorang masih berada dirumah menghirup udara yang normal. Tetapi, dalam perjalanan selama 2,5 jam dari Ciputat menuju Salemba pengguna mobil pribadi menghirup partikel debu hingga 40 part per million (ppm). Padahal, ambang batas WHO berada di kisaran 9 ppm per satu jam. Penelitian tersebut dilakukan menggunakan mobil yang tergolong mewah dengan harga diatas Rp 400 jutaan pada seorang setara eselon III.

Kualitas udara yang dihirup akan kembali normal selama beraktivitas di kantor. Namun, saat pulang kantor kembali memburuk hingga 30 ppm. (sumber: cnnindonesia.com)

 

Katherine Juliana


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: