Alkohol dalam ASI Buat Kecerdasan Anak Menurun

Written by on Agustus 20, 2018

Sebuah penelitian terbaru menunjukan air susu ibu (ASI) yang terkena paparan alkohol dapat menurunkan kecerdasan sang anak yang ditandai dengan berkurangnya kemampuan kognitif anak. Para peneliti dari Macquire University, Australia, melakukan studi berkelanjutan sejak tahun 2004 lalu. Penelitian menganalisis data dari 5.107 bayi di Australia dan memeriksanya dalam selang waktu dua tahun hingga berusia 11 tahun. Anak-anak itu diperiksa tentang pemahaman kosakata, penalaran nonverbal, dan proses kognitif.

Selain itu, para peneliti juga menanyakan setiap orang tua (ibu) soal perilaku konsumsi alkohol mereka berdasarkan kuesioner dari WHO. Tidak hanya alkohol saja, mereka juga ditanyai soal kebiasaan mengonsumsi rokok selama kehamilan dan menyusui. Peneliti menemukan peningkatan konsumsi alkohol pada ibu selaras dengan skor penalaran nonverbal anak yang lebih rendah pada usia 6 dan 7 tahun. Hasil ini berbeda dengan anak yang mendapatkan asupan ASI dari ibu yang tidak mengonsumsi alkohol.

Penelitian ini juga menambahkan bahwa ibu perokok tak memberikan efek kognisi pada anak. Hal ini diduga lantaran para ibu mengurangi jumlah konsumsi rokok saat sedang menyusui. Namun demikian, para ahli memastikan bahwa hal ini bukan berarti merokok aman untuk ibu hamil. (sumber: cnnindonesia.com)

Katherine Juliana


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: