Indonesia Darurat Perokok Anak

Written by on Agustus 21, 2018

Konfrensi pers “Baby Smoker Masih Tetap Ada!” diselenggarakan oleh Tobacco Control Support Center (TCSC) IAKMI bekerjasama dengan No Tobacco Comunity pada hari Selasa (21/8/2018) bertempat di Yello Hotel Manggarai, Jakarta.

Kegiatan ini mengundang dr Sumarjati Arjoso,SKM selaku Ketua TCSC IAKMI, Ir Bambang Priyono selaku Ketua No Tobacco Comunit dan Rina Pranawati selaku Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia. 

Konfrensi pers ini memiliki tujuan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menerapkan kebijakan pengendalian tembakau yang lebih ketat di Indonesia. 

Kegiatan ini dimulai pada pukul 10.00 WIB, dimana pada sesi pertama Bambang menceritakan hasil risetnya tentang seoarang anak yang bernama Rapi Ananda Pamungkang, seorang anak balita berusia 2 tahun yang saat ini menjadi viral karena mengkonsumsi rokok. Bambang menjelaskan bahwa tidaklah betul kalau Rapi mengkonsumsi 40 batang, tapi anak itu “hanya” mengkonsumsi 5 batang paling banyak per harinya. 

Tapi untuk ukuran seorang anak kecil, 5 batang rokok termasuk jumlah yang sangat besar. Bambang menjelaskan hasil wawancara dengan ibu dari Rapi bahwa awal mula Rapi merokok adalah karena sering melihat orang-orang dipasar sedang menghisap rokok. Dan sebelum itu, ia juga sering memungut puntung rokok yang berada di depan rumahnya dan mencobanya. Hal itu terjadi karena orangtua Rapi memiliki usaha warung dan menjual produk nikotin tersebut.

Selanjtnya, Rina membahas bagaimana rokok memiliki dampak buruk yang bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga keluarga, komunitas bahkan negara. Ia menambahkan pentingnya peran negara untuk melindungi anak=anak, terutama dari rokok. Dan yang terakhir, Sumarjati menjelaskan bahwa penyebab anak merokok adalah karena melihat orang-orang yang ada disekitarnya menghisap rokok dan pengaruh dari iklan. Terutama iklan dari televisi dan ketua TCSC IAKMI juga berharap agar pemerintah bisa mengambil langkah tegas dalam menghentikan baby smoker yang tiap hari makin bertambah.

Maria Gratia Inviolata


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: