Kecanduan Media Maya buat Mental Orang seperti Anak 3 Tahun

Written by on Agustus 21, 2018

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat masyarakat dari berbagai kalangan menjadi kecanduan. Teknologi seharusnya bisa berdampak positif dengan akses informasi jadi tak terbatas. Masyarakat dari berbagai kalangan dengan mudah mendapatkan informasi apa saja untuk menambah wawasannya. Namun, teknologi sering tak dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Seperti media sosial dan video gim yang menciptakan generasi yang ‘tidak matang.’

Peneliti senior dari Oxford University, Baroness Susan Greenfield mengungkapkan, kecanduan media sosial dan video gim membuat mental dan emosi seseorang menjadi seperti anak berusia tiga tahun. Orang yang gemar bermedia sosial dan bermain gim bisa kehilangan kemampuan untuk memikirkan diri sendiri, berempati, dan berkomunikasi dengan orang lain. Greenfield menyebut bahwa orang yang candu pada dunia maya justru dibombardir dengan kepuasan instan seperti yang dibutuhkan anak berusia tiga tahun.

Greenfield menambahkan bahwa fungsi otak anak dapat berubah seiring keterlibatan dengan teknologi. Mereka cenderung narsis dengan self-esteem atau harga diri yang rendah dan tingkat depresi yang tinggi. Agar tak terperangkap dalam mental dan emosi seperti anak yang berusia tiga tahun, Greenfield menyarankan untuk lebih banyak melakukan kegiatan seperti olahraga, membaca buku, dan berkebun. Aktivitas tersebut dapat mengasah anak untuk berpikir dan berimajinasi. ( cnnindonesia.com)

Katherine Juliana


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: