Lima Kebiasaan Kecil yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Written by on September 3, 2018

Menurunkan berat badan bisa dikatakan mudah tapi juga sulit. Berbagai macam cara dilakukan banyak orang demi mewujudkan berat badan yang ideal. Tapi tidak jarang juga, cara-cara instan digunakan padahal belum tentu baik untuk kesehatan. Tapi ternyata, hal-hal kecil yang kita anggap terlalu sederhana ini justru bisa sukses membantu menurunkan badan.

Dikutip dari Health Line, inilah kebiasaan kecil yang dapat membantu suksesnya penurunan berat badan :

  1. Minum Air Putih. Awali pagi dengan minum air putih paling tidak sebanyak dua gelas adalah cara mudah menurunkan berat badan.  Air dapat membantu meningkatkan pembakaran energi setidaknya selama 60 menit. Dalam satu penelitian kecil, minum 16,9 ons cairan (500 ml) air menyebabkan peningkatan 30 persen dalam tingkat metabolisme. Studi lain menemukan bahwa wanita yang kelebihan berat badan yang meningkatkan asupan air mereka hingga lebih dari 34 ons (satu liter) per hari kehilangan 2 kg selama satu tahun, tanpa membuat perubahan lain dalam diet atau olahraga rutin mereka.
  2. Menikmati Sinar Matahari. Paparan sinar matahari (terutama saat pagi hari) dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa vitamin D dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan.
  3. Buat Bekal Makan Siang Ke Kantor/Sekolah. Dengan membuat dan mengemas bekal makan siang merupakan cara sederhana untuk membuat pilihan makanan lebih sehat dan membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi yang dipublikasikan di The National Center for Biotechnology Information (NCBI) dengan 40.554 responden menemukan bahwa perencanaan makan dikaitkan dengan kualitas diet yang lebih baik, lebih banyak variasi pola makan dan risiko obesitas yang lebih rendah. Penelitian lain yang juga terdapat di NCBI menemukan mereka yang makan makanan rumahan setidaknya lima kali per minggu 28 persen lebih kecil kemungkinannya untuk kelebihan berat badan dibandingkan mereka yang hanya makan makanan rumahan tiga kali atau kurang dari itu setiap minggunya.
  4. Naik Kendaraan Umum. Penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki, bersepeda atau menggunakan kendaraan  umum dapat membantu menurunkan berat badan atau mencegah kenaikan berat badan.
  5. Berlatih Mindfullness. Mindfulness adalah praktik yang berfokus pada momen saat ini dan membawa kesadaran pada pikiran dan perasaan. Praktik ini telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan dan mempromosikan kebiasaan makan yang sehat. (Sumber : Detik Health)

Maria Gratia Inviolata

Tagged as

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: