Teknologi ‘Dokter Jarak Jauh’ Berasal Dari Kota Tangsel

Written by on September 3, 2018

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Kerja sama itu terkait uji lapangan dan pemanfaatan perangkat telemedicine. “Saya sangat berterima kasih dengan kerja sama ini. BPPT ada di wilayah Tangsel, sudah komitmen kami, ketika ada uji coba yang dilakukan BPPT, Tangsel menjadi wilayah pertama dalam rangka uji coba hasil riset BPPT ini, baru wilayah lainnya” ujar Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangsel.

Kerja sama ini dilakukan antara Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum (RSU). Dengan adanya kerja sama antara BPPT dengan Dinkes maupun RSU Tangsel, diharapkan bisa memudahkan pelayanan kesehatan di Tangsel. Apalagi kurangnya jumlah dokter spesialis PNS di Tangsel. Alat ini diharapkan bisa mempermudah dan dapat melakukan pencegahan pemeriksaan dari jarak jauh.

“Sehingga kita tidak perlu menyimpan satu dokter spesialis di setiap puskesmas karena alat telemedicine ini bisa membantu kita dalam pemeriksaan kesehatan. Jika uji coba ini sukses, dan di produksi massal, kami akan menganggarkan alat ini dengan anggaran APBD Tangsel,” jelasnya.

Kerja sama ini untuk peningkatan pelayanan kesehatan. “Ke depannya, bila sukses, program telemedicine ini digunakan untuk daerah-daerah terpencil yang belum mempunyai dokter spesialis, sehingga memudahkan dokter umum untuk melakukan konsultasi dalam penegakan diagnosa” ujar Airin.

Tekonologi ‘dokter jarak jauh’ yang mereka godok ini, mempunya perangkat alat pendiagnosa seperti pada umumnya. Hanya nantinya akan disematkan sistem komunikasi yang canggih, berguna untuk penghubung dokter di lokasi dan dokter spesialis di tempat lainnya. (Sumber: Detik)

 

Gina Maharani Putri


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: