Berdebar setelah Minum Kopi? Ikuti Langkah ini

Written by on Oktober 8, 2018

Saat ini meminum kopi bukan hanya sebagai selingan saja, namun telah menjadi gaya hidup, bahkan ada yang mengkonsumsinya karena alasan kesehatan. Namun tak sedikit yang mengeluh jantungnya berdebar-debar setelah meminum kopi. Mengapa ini bisa terjadi, dan bagimana cara mengatasinya?

Menurut Ahli jantung dr Yudistira Panji Sentosa, SpPd-KKV, jantung berdebar setelah minum kopi sebenarnya tidak selalu harus dikhawatirkan. Setidaknya ada dua kemungkinan, memang kerja jantungnya terpengaruh efek kafein atau asam lambungnya meningkat sehingga denyut jantung meningkat.

Dirinya menyarankan untuk memperbanyak minum air putih, karena air putih akan membuat kafein cepat terbuang dari tubuh. Selain itu cara lain yang disarankan dr Yudis adalah membatasi asupan kafein jika tidak ingin jantungnya berdebar. “Ataupun kalau benar-benar ingin mengonsumsi kopi, carilah kopi yang kafeinnya tidak terlalu tinggi,” katanya dirilis detikHealth.

Lalu bagaimana cara membedakan antara berdebar karena kafein menyerang jantung dan kafein menyerang lambung? Dilihat dari gejala awalnya, apakah setelah minum kopi jantungmu langsung berdebar, atau awal mulanya terasa maag, kembung hingga mual.

“Cara bedain menyerang ke jantung dan ke lambung dilihat apakah setelah minum langsung berdebar-debar, atau pertama yang di rasa mag dulu baru jantung berdebar,” ujar Yudhi menambahkan.

Jika kamu merasakan jantung berdebar setelah minum kopi bisa jadi kamu lemah di jantung. Dimana, ada kelainan pada irama jantungmu. Biasanya detak jantung manusia berada pada 60-100 per menir dalam aktivitas biasa.

“Beda dengan orang minum kafein yang menyerang ke mag, pertamanya gejalanya enggak enak dulu, ulu hatinya enggak enak, mual, kembung, muntah, abis itu baru timbul rasa berdebar-debar. Tapi tetap gejala awalnya sakit mag dulu,” tegasnya.

Menurut dr Yudi jika ada orang yang mengonsumsi kafein, langsung mennyerang ke jantung, berarti dia lemah di jantung. Lagi katanya, saat jantung berdebar, kecepatannya bisa tiga kali lipat dengan standar normal 60 per menit.

Tagged as

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: