Kemenkes: Jumlah Kasus DBD Meningkat, Namun Belum KLB Nasional

Written by on Januari 30, 2019

Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa meski terjadi peningkatan jumlah kasus warga yang terkena demam berdarah dengue (DBD), namun kondisi ini belum dapat dinyatakan sebagai KLB (kejadian luar biasa).

Hal itu disampaikan Direktur Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi yang memaparkan data terakhir, dimana warga yang terkena DBD di seluruh provinsi Indonesia per 29 Januari 2019 mencapai 13.683 orang dengan kematian 133 orang.

“Kami punya puncak kasus penderita DBD itu sampai dengan 204.000 pada 2016. Jumlah meninggalnya 1.598 orang. Oleh sebab itu dengan data ini, masih belum bisa dikatakan KLB nasional. Angkanya masih rendah dibanding tahun sebelumnya,” ujarnya di Kemenkes, Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Selain itu, tingginya kasus DBD dalam bulan Januari, kata dia, terkait dengan musim hujan. Pada air bersih yang mengenang, telur nyamuk mudah berkembang biak. Kemenkes meminta masyarakat mewaspadai siklus nyamuk agar tak terkena DBD.

“Telur nyamuk bisa bertahan dan tidak menetas saat musim kering. Makanya ketika masuk musim hujan terjadi pelonjakan jumlah nyamuk, karena telur tadi menetas. Sedikit saja curah air meningkat, telur tadi langsung berubah menjadi purpa lalu berkembang menjadi nyamuk dewasa. Itu yang membuat peningkatan kasus ketika awal musim penghujan,” ujarnya.

Nadia juga menuturkan, kasus DBD di Jawa Timur paling besar pada periode 1-29 Januari 2019. Terdapat 2.657 orang terkena DBD, 47 orang di antaranya meninggal. Dia menyoroti tingginya DBD di Jawa Timur. Kasus di Jawa Timur, kata dia, juga terjadi pergeseran wilayah terdampak yang turut menyebabkan statusnya belum bisa dikategorikan KLB.

“Kalau sekarang Kediri, kabupaten/kota yang paling banyak angka kematiannya sekitar 18 kasus. Itu pun masih rendah dari angka tahun sebelumnya. Jadi karena kabupaten/kotanya pindah lalu jumlahnya hanya kontribusi dari satu daerah provinsi. Itu juga yang membuat Jatim belum dinyatakan KLB. Masih status waspada DBD,” tutupnya.

Tagged as

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: