• Uncategorized

Hindari Dehidrasi Saat Berpuasa dengan Pola 242

Written by on June 7, 2016

Selain membutuhkan asupan nutrisi dan asupan gerak yang seimbang, saat berpuasa juga sangat membutuhkan asupan air yang juga mencukupi. Hal tersebut penting agar pada saat berpuasa, tubuh terhindar dari dehidrasi. Kecukupan air putih perhari bagi tubuh minimal 2 liter atau kurang lebih 8 gelas, dan jika kurang dari angka tersebut akan terlihat sekali tubuh mengalami dehidrasi. Nah, bagaimana cara memenuhi asupan air dalam tubuh, namun tetap maksimal berpuasa?

Pertama kita mesti paham dulu arti air dalam tubuh. Menurut Dr. dr. Minarma Siagian, M.S. AIF dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, air dalam tubuh berwujud darah, air liur, dan air seni. Dalam setiap tingkat sel tubuh, air dibutuhkan untuk metabolisme dalam sel, untuk membuat gula/sumber energi. Demikian pula, menurut dr. Minarma, air sangat penting untuk menjaga suhu tubuh kita stabil (normal suhu tubuh manusia 37 derajat). Selain itu, air juga dibutuhkan untuk membantu memaksimalkan pencernaan makanan serta memperlancar pembuangan/sistem ekskresi tubuh. Terakhir, manfaat air dalam tubuh adalah membantu tubuh untuk membuang racun melalui darah, melalui ginjal berupa air seni.

Di bulan Ramadhan, saat umat Islam beribadah puasa, kadang asupan air putih terlupakan, bahkan saat berbuka puasa. Banyak orang terfokus pada slogan ‘berbuka puasa dengan yang manis’. Walau memang slogan tersebut dianjurkan, tapi meminum air putih terlebih dahulu juga dianjurkan. Selain menghilangkan dahaga saat berbuka, air putih juga akan membantu tubuh mengganti cairan yang hilang saat puasa.

Caranya, kita dapat menerapkan pola minum air putih 242, yaitu 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur, dan 2 gelas saat sahur. Dengan pola 242, asupan air untuk tubuh tetap dapat porsi normal, tidak kurang-tidak lebih. Pasalnya bila berlebihan atau minum 8 gelas sekaligus, menurut dr. Minarma, justru akan berdampak negatif buat tubuh (seperti darah menjadi encer dan hiponatremia alias kondisi saat kadar natrium dalam darah turun dari normal).

Nah, selamat terus menunaikan ibadah puasa, tetap jaga kesehatan tubuh kita…


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: