• Uncategorized

Ratusan Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Siap Ditugaskan ke Pelosok Daerah

Written by on 8 May 2017

Sebanyak 347 tenaga kesehatan (Nakes) dari program Nusantara Sehat Angkatan I siap ditugaskan ke pelosok daerah. Tergabung dalam 60 tim, mereka akan disebarkan di 18 provinsi, 40 kabupaten, dan 60 Puskesmas di seluruh Indonesia untuk masa dua tahun penugasan.

Komposisi profesi dari 347 Nakes tersebut terdiri dari 13 dokter umum, 10 dokter gigi, 55 perawat, 55 bidan, 47 Nakes masyarakat, 38 Nakes lingkungan, 46 ahli teknologi laboratorium medik, 48 tenaga gizi, dan 35 tenaga kefarmasian.

Tahun ini merupakan tahun ketiga Kementerian Kesehatan menempatkan Nakes di Puskesmas dengan kriteria daerah terpencil atau sangat terpencil, terutama di daerah tertinggal terpencil, sangat terpencil dan perbatasan, serta kepulauan (DTPK) di Indonesia dalam Program Nusantara Sehat. Sebelumnya, pada 2015 telah ditempatkan 694 tenaga kesehatan yang terhimpun dalam 120 tim, yang tersebar di 15 Provinsi, 48 Kabupaten, di 120 Puskesmas. Sementara pada 2016 telah ditempatkan 728 Tenaga Kesehatan, terhimpun dalam 131 tim, yang tersebar di 26 Provinsi, 60 Kabupaten, di 131 Puskesmas.

Program Nusantara Sehat merupakan upaya terobosan pemenuhan tenaga untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Puskesmas dengan kriteria terpencil atau sangat terpencil terutama di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan,” kata kepala Badan PPSDM, Kementerian Kesehatan drg. Usman Sumantri, Senin (08/05).

Proses pelaksanaan program Nusantara Sehat dilakukan melalui lima tahapan implementasi, yaitu:

  1. Survei dan penentuan lokasi;
  2. Rekrutmen/seleksi secara online dan direct assessment;
  3. Pelatihan pembekalan peserta sebelum keberangkatan;
  4. Penempatan;
  5. Sistem monitoring dan evaluasi yang terdiri dari evaluasi tengah tahun penempatan, masa transisi dan orientasi masa penugasan.

Sasaran dari program Nusantara Sehat, yakni terpenuhinya jumlah dan jenis tenaga kesehatan sesuai dengan standar di Puskesmas DTPK, serta terwujudnya penguatan dan pemenuhan kebutuhan pelayanan di Puskesmas.

Dalam pelaksanaan program ini, sangat diperlukan dukungan dari lintas sektor, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota. Dukungan yang diharapkan dari Bupati untuk keberhasilan Program Nusantara Sehat ini, yakni, menjamin keselamatan dan keamanan Nakes, menjamin fasilitas yang layak, menerbitkan Surat Izin Praktik (SIP), mengirim petugas untuk serah terima peserta Nakes, dan membiayai petugas dalam rangka penjemputan dan pengantaran Nakes ke lokasi penempatan.

Selanjutnya, penempatan Nakes angkatan kedua 2017 baru sampai pada tahap tes tertulis dan wawancara. Sementara seleksi Nakes angkatan ketiga 2017 direncanakan akan dilakukan pada akhir bulan Juli atau awal Agustus 2017.

Keberadaan Nakes, terutama dokter umum/gigi dan dokter spesialis, sangat dibutuhkan, terutama di pelosok daerah. Dalam Kunjungan Lapangan Tematik Media Massa ke Nusa Tenggara Timur, 2-6 Mei 2017 silam, RPKFM yang berkesempatan menjadi peserta kunjungan, menemukan fakta bahwa persebaran Nakes di provinsi tersebut masih jauh dari cukup. Karena itu, program Nusantara Sehat diharapkan dapat menjadi solusi jitu demi memenuhi kebutuhan Nakes di NTT.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL