• Uncategorized

Kemenkes: Jumlah Kecelakaan Lalin Berkurang Selama Musim Mudik 2017

Written by on 4 July 2017

Jumlah kecelakaan lalu lintas pada musim mudik 2017 menurun dari tahun sebelumnya, yakni 2.442 kasus kecelakaan dari yang sebelumnya 3.916 pada mudik 2016. Pencapaian tersebut, menurut Menteri Kesehatan Prof. Dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K), merupakan hasil dari koordinasi antar lembaga dan dukungan masyarakat. 

Berdasarkan data Mabes Polri, Korban meninggal dunia akibat kecelakaan tahun ini menurun sekitar 54,17 persen, yakni sebanyak 592 orang. Sedangkan tahun lalu 1093 orang meninggal. Korban luka berat pun mengalami penurunan, dari tahun lalu 970 orang menjadi 542 orang tahun ini. Tren menurun juga terlihat pada jumlah korban luka ringan. Tahun lalu sebanyak 4.932 orang luka ringan sementara tahun ini menjadi 3.324.

Sementara berdasarkan data dari Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes pada 3 Juli 2017, Jawa Timur menjadi wilayah dengan kejadian kecelakaan tertingi yakni 759 kasus, dan korban meninggal tertinggi sebanyak 155 orang.

Dari sisi pelayanan kesehatan, Kementerian Kesehatan telah menyediakan 3.826 pos kesehatan di seluruh titik yang dilalui arus mudik dan arus balik selama 24 jam. Koordinasi yang baik dilakukan semua pihak yang terlibat, yakni, Kementerian Kesehatan, Kepolisian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum/Perumahan Rakyat, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Pemerintah Daerah, dan masyarakat, terutama para pemudik.

Atas pencapaian ini, Menkes mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para tenaga kesehatan, baik di rumah sakit, Puskesmas, maupun di pos-pos kesehatan atas totalitas kerja. Ucapan terima kasih dan penghargaan juga diberikan kepada masyarakat atas kerjasama yang diberikan pada mudik dan arus balik 2017.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL