• Uncategorized

Menkes: Ikan Semestinya Jadi Makanan Utama Indonesia

Written by on 4 July 2017

Menteri Kesehatan Prof. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) mengatakan bahwa semestinya ikan menjadi makanan utama masyarakat Indonesia. Hal tersebut mengingat Indonesia merupakan negara kelautan yang sangat kaya akan jenis ikan yang beraneka ragam. Namun sayang, mengonsumsi ikan belum menjadi sebuah kebiasaan bagi masyarakat.  

Kita harus mengubah mindset kita untuk mendapatkan protein dari ikan. Seharusnya jadi makanan utama bagi masyarakat kita karena memiliki protein tinggi bila dimasak dengan benar,” tutur Menkes Nila Moeloek, Senin (3/6).

Berbagai jenis ikan, mulai dari jenis ikan bertulang belakang, ikan yang tidak bertulang (cumi, gurita), dan kerang-kerangan, menjadi kekayaaan yang melimpah di Indonesia. Tidak hanya di lautan, tapi juga di perairan daratan, contohnya ikan lele, mujair, dan nila.

Secara umum komposisi protein hewani pada ikan sebenarnya tidak terlalu berbeda kandungannya dengan protein hewani lainnya. Namun, ikan dikatakan lebih menyehatkan karena lemak yang terkandung di dalam ikan bukan merupakan lemak jenuh. Sebagai salah satu sumber protein hewani, ikan mengandung asam lemak tak jenuh (omega, yodium, selenium, fluorida, zat besi, magnesium, zinc, taurin, serta coenzyme Q10). Selain itu, kandungan omega 3 pada ikan jauh lebih tinggi dibanding sumber protein hewani seperti daging sapi dan ayam.

Lebih sehat ikan, bukan lemak jahat kalau bahasa awamnya. Ikan memiliki kandungan DHA, sementara daging sapi atau ayam tidak ada. Selain itu, ikan itu semuanya halal, dapat dikonsumsi semua usia,” tambah Menkes.

Seperti kita ketahui, dalam setiap kunjungan kerjanya, Presiden Joko Widodo selalu berpesan bahwa peningkatan gizi menjadi sangat penting untuk mewujudkan generasi Indonesia yang sehat, kuat, cerdas dan berdaya saing global.

Pemenuhan gizi anak merupakan tanggung jawab kita semua, termasuk orang tua. Sekarang bagaimana kita mendorong masyarakat itu agar mengerti bahwa ikan merupakan protein yang baik sekali untuk pemenuhan gizi anak-anak,” ujar Menkes.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL