Tip Berbahagia di Era Medsos: Jangan Jadi ‘KEPO’!

Written by on 18 December 2017

Dengan hampir 2 miliar pengguna, kelangsungan hidup Facebook tergantung pada orang- orang yang terus menggunakan layanannya.

Itulah sebabnya para pengamat terkejut dengan posting blog perusahaan yang tidak biasa pada hari Jumat (15/12) yang menyoroti beberapa kemungkinan bahaya menggunakan layanan media sosial itu.

Blog itu berjudul: “Pertanyaan Sulit: Apakah Menggunakan Waktu di Media Sosial Buruk bagi Kita?

Perusahaan tersebut mengutip beberapa penelitian yang menyebutkan beberapa kemungkinan negatif menggunakan media sosial.

Dalam sebuah penelitian, orang yang secara pasif membaca tentang kehidupan orang lain mengatakan merasa lebih buruk mengenai diri mereka sendiri. Salah satu kemungkinannya adalah “perbandingan sosial yang negatif” ketika membaca tentang orang lain di internet, menurut perusahaan itu, karena “orang sering kali lebih memperhalus dan menyanjung” dibanding apa yang mereka lakukan dalam kehidupan nyata mereka.

Tapi ada solusinya, menurut Facebook, yang melaporkan pendapatan 10 miliar dolar – tertinggi yang pernah dicapai – pada kuartal terakhir: Jangan menjadi pengamat kehidupan orang lain atau dengan kata lain, jangan jadi ‘kepo’ (ingin tahu urusan orang lain). Gunakan Facebook lebih banyak dan dengan teman-teman dan keluarga.

Pengguna Facebook yang menggunakan lebih banyak waktu di Facebook – memposting dan berinteraksi dengan teman dekat – akan mendapat lebih banyak efek positif, menurut sebuah studi perusahaan yang dilakukan dengan Universitas Carnegie Mellon.

Hanya memposting status saja tidak cukup. Orang harus berinteraksi dengan orang lain dalam jaringan mereka.” [sp/ii]


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL