Penyandang Disabilitas Panti milik Dinas Sosial DKI Jakarta Ikuti Bursa Kerja

Written by on 22 January 2018

Puluhan penyandang disabilitas mendapat kesempatan bekerja dengan mengikuti Tes Wawancara dalam Bursa Kerja di Panti Sosial Bina Netra Rungu Wicara Cahaya Bathin milik Dinas Sosial DKI Jakarta di Cawang, Jakarta Timur.

Bursa Kerja itu diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan pada Senin (22/1). Kepala PSBNRW Cahaya Bathin, Mukhlisin menyampaikan, ada 40 orang penyandang disabilitas yang mengikuti bursa kerja tersebut. Mereka merupakan warga binaan panti dan alumni panti yang terdiri dari 28 orang disabilitas netra dan 12 orang disabilitas rungu wicara.

Mereka akan diterima menjadi call centre, telemarketing, cleaning servis, admin, sosial media admin, hospitality perhotelan dan design graphis,” ungkap Mukhlisin ketika dihubungi.

Seleksi ini menjadi program BPJS Ketenagakerjaan dalam upaya penyerapan tenaga kerja sebanyak 2% bagi disabilitas. Karena berdasarkan Undang-Undang No.8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas itu mewajibkan pemerintah, pemerintah daerah (pemda), BUMN/BUMD mempekerjakan paling sedikit 2 persen penyandang disabilitas dari jumlah pekerja.

Selain itu, pihaknya berupaya memfasilitasi disabilitas untuk mempermudah dalam mencari pekerjaan. Dengan begitu mereka mendapatkan kesempatan yang sama dan bisa mandiri.

Harapannya semoga ini juga dapat menepis stigma masyarakat, contoh saja disabilitas netra yang hanya bisa memijat dan menyanyi saja. Padahal sebenarnya banyak lapangan kerja yang bisa membuat mereka bangga dan sejajar dengan mereka yang normal sehingga mendapat upah yang layak,” kata Mukhlisin.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL