UNICEF: Pakistan, Negara Paling Riskan bagi Bayi yang Baru Lahir

Written by on 21 February 2018

Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNICEF menemukan bahwa Pakisten adalah negara yang paling riskan bagi bayi yang baru lahir. Temuan itu dirilis dalam rangka kampanye kesadaran global untuk menuntut dan mencapai solusi atas nama bayi yang baru lahir di seluruh dunia.

Wanita hamil jauh lebih sedikit mendapat pertolongan ketika melahirkan di Pakistan, di mana hanya 14 petugas kesehatan yang profesional tersedia bagi setiap 10 ribu orang, menurut laporan itu.

Laporan itu mengakui persentase ibu yang melahirkan di sarana kesehatan di Pakistan telah meningkat dari 21 persen menjadi 48 persen antara tahun 2001 dan 2013. Laporan itu juga mengemukakan persentase wanita yang melahirkan dengan pertolongan bidan pada masa yang sama meningkat lebih dari dua kali lipat dari 23 persen menjadi 55 persen.

Tetapi walaupun adanya peningkatan besar, yang sebagian hasil urbanisasi yang cepat dan semakin banyaknya penyedia layanan sektor swasta yang tidak mendapat pengawasan yang memuaskan, angka kematian bayi yang sangat tinggi di Pakistan turun hanya kurang dari 25 persen, dari 60 tahun 2000 ke-46 tahun 2016,” menurut temuan UNICEF.

Para pengkritik sudah lama menyerukan peningkatan anggaran kesehatan di Pakistan. Saat ini anggaran pelayanan kesehatan di Pakistan kurang dari 1 persen dari PDB. Sedangkan standar Organisasi Kesehatan Dunia harus paling sedikit enam persen dari PDB untuk memastikan pelayanan penyelamatan nyawa yang paling minimal. [gp]


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL