Wow, Operasi Transplantasi Penis Pertama di Dunia Berhasil Dilakukan!

Written by on 24 April 2018

Sebuah operasi transplantasi unik berhasil dilakukan untuk pertama kalinya, yaitu transplantasi penis yang berhasil dilakukan terhadap seorang tentara yang terluka akibat peledak rakitan di Afghanistan. Operasi terhadap veteran yang kewarganegaraannya tak diungkapkan itu berlangsung selama 14 jam pada 26 Maret 2018 lalu.

Diungkapkan oleh pejabat Rumah Sakit Johns Hopkins di Baltimore, Senin (23/4), tentara tersebut menerima transplantasi penis dan skrotum lengkap. Operasi transplantasi ini dilakukan oleh sembilan ahli bedah plastik dan dua ahli bedah urologi. Dokter mentransplantasi seluruh penis, skrotum tanpa testikel dan dinding perut parsial dari donor yang sudah meninggal.

Saat ini, pria penerima transplantasi itu sudah pulih dari operasi dan diperkirakan akan keluar dari rumah sakit di minggu ini. “Kami berharap bahwa transpalantasi ini akan membantu memulihkan fungsi sekresi urin dan seksual untuk pria muda ini,” kata W.P Andrew Lee, kepala bedah plastik dan rekonstruktif di Johns Hopkins.

Tentara penerima transplantasi ini menyebut bahwa cedera akibat alat peledak rakitan tersebut sulit diterima. “Ketika saya pertama kali bangun setelah operasi, saya merasa lebih normal. Tingkat kepercayaan diri pun naik. Keyakinan bahwa, seperti akhirnya saya baik-baik saja,” kata tentara tersebut dalam pernyataannya.

Tim bedah melakukan transplantasi ini dengan melakukan allotransplantation vaskularisasi, pembedahan dengan melibatkan transplantasi kulit, otot dan tendon, saraf, tulang, dan pembuluh darah.

Hanya saja, meski rekonstruksi penis dengan jaringan tubuh lain mungkin dilakukan, namun tetap diperlukan bantuan dari implan prostesis untuk ereksi. Hanya saja hal tersebut menimbulkan risiko infeksi yang jauh lebih tinggi.

Selain masalah implan yang berisiko infeksi, seorang tentara juga seringkali tidak memiliki jaringan tubuh yang sempurna untuk dicangkok karena adanya cedera lain.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL