Ini Kriteria Orang Yang Tak Bisa Dapat Vaksin Covid-19. Anda Termasuk?

Written by on 18 January 2021

JAKARTA, RPK FM – Saat ini, program vaksinasi Covid-19 sudah dimulai di Indonesia. Vaksinasi Covid-19 ini dilakukan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Sinovac pada Senin (11/1/2021).

Tetapi, masih ada sejumlah kelompok orang yang ternyata tidak boleh divaksin Covid-19. Sesuai anjuran pemerintah, kelompok yang bisa mendapatkan vaksin Corona Sinovac yang saat ini mulai diberikan adalah mereka yang berusia 18 – 59 tahun. Namun berdasarkan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, ada beberapa kelompok orang yang tidak boleh mendapatkan vaksin. Berikut daftarnya :

  1. Pernah terkonfirmasi menderita Covid-19
  2. Ibu hamil atau menyusui
  3. Mengalami gejala ISPA seperti batuk/pilek/sesak napas dalam 7 hari terakhir
  4. Ada anggota keluarga serumah yang kontak erat/suspek/konfirmasi/sedang dalam perawatan karena penyakit Covid-19
  5. Memiliki riwayat alergi berat atau mengalami gejala sesak napas, bengkak dan kemerahan setelah divaksinasi Covid-19 sebelumnya (untuk vaksinasi ke-2)
  6. Sedang mendapatkan terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah
  7. Menderita penyakit jantung (gagal jantung/penyakit jantung coroner)
  8. Menderita penyakit Autoimun Sistemik (SLE/Lupus, Sjogren, vaskulitis, dan autoimun lainnya)
  9. Menderita penyakit ginjal (penyakit ginjal kronis/sedang menjalani hemodialysis/dialysis peritoneal/transplantasi ginjal/sindroma nefrotik dengan kortikosteroid)
  10. Menderita penyakit Reumatik Autoimun/Rhematoid Arthritis
  11. Menderita penyakit saluran pencernaan kronis
  12. Menderita penyakit Hipertiroid/hipotiroid karena autoimun
  13. Menderita penyakit kanker, kelainan darah, imunokompromais/defisiensi imun, dan penerima produk darah/transfuse
  14. Menderita penyakit Diabetes Melitus, kecuali penderita Diabetes Melitus tipe 2 terkontrol dan HbA1C di bawah 58 mmol/mol atau 7,5% dapat diberikan vaksinasi
  15. Menderita HIV Bila CD4 <200 atau tidak diketahui
  16. Memiliki penyakit paru (asma, PPOK, TBC). Namun untuk Pasien TBC dalam pengobatan dapat diberikan vaksinasi, minimal setelah dua minggu mendapat Obat Anti Tuberkulosis

Sementara itu, apabila berdasarkan pengukuran suhu tubuh calon penerima vaksin sedang demam yakni memiliki suhu 37,5 derajat celcius atau lebih, vaksinasi ditunda sampai pasien sembuh dan terbukti bukan menderita Covid-19. Calon penerima vaksin akan dilakukan skrining ulang pada saat kunjungan berikutnya. Apabila berdasarkan pengukuran tekanan darah didapatkan hasil 140/90 mmHg atau lebih, maka vaksinasi juga tidak diberikan. Sedangkan untuk penyakit lain yang tidak disebutkan, calon penerima vaksin dapat berkonsultasi kepada dokter ahli yang merawat.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL