Peringati Hardiknas, Kemendikbudristek Berikan Satyalencana Karya Satya untuk 5.685 ASN

Written by on 2 June 2023

Peringati Hardiknas, Kemendikbudristek Berikan Satyalencana Karya Satya bagi 5.685 ASN

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di tahun 2023. Upacara yang dilakukan secara hibrida berpusat di halaman kantor Kemendikbudristek RI Jakarta pada Hari Selasa tanggal 2 Mei 2023. Pada Upacara Peringatan Hardiknas yang dipimpin langsung Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim itu mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Dalam rangkaian setelah upacara Peringatan Hardiknas tahun 2023 itu, Mendikbudristek memberikan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya secara simbolis kepada enam orang yang mewakili 5.685 Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kemendikbudristek. Penghargaan tersebut diberikan atas pengabdian dalam melaksanakan tugas dengan menunjukkan kesetiaan, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, serta telah bekerja terus-menerus selama 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun.

Tahun ini, Kemendikbudristek menggunakan logo yang sama seperti tahun sebelumnya dengan bentuk dari tiga elemen yaitu bintang, keceriaan, dan pena yang memiliki makna selaras dengan cita-cita Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh peserta upacara Hardiknas mengenakan pakaian adat dari berbagai provinsi di Indonesia. Kali ini, Mendikbudristek memakai pakaian adat dari Provinsi Aceh.

Sebanyak 443 orang pejabat dan pegawai di lingkungan Kemendikbudristek serta perwakilan peserta didik mengikuti upacara secara langsung, sementara 1.000 yang terdiri peserta didik berprestasi, duta teknologi, Guru dan Kepala Sekolah Penggerak, mahasiswa penerima KIP Kuliah dan ADIK, Laskar Rempah, serta mahasiswa program MBKM turut mengikuti upacara secara daring.

Tampak hadir dalam upacara peringatan itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 1993-1998, Kabinet Pembangunan VI, Wardiman Djojonegoro, dan Menteri Pendidikan Nasional Tahun 2004-2009, Kabinet Indonesia Bersatu, Bambang Sudibyo. Upacara Hardiknas tahun ini dimeriahkan oleh Orkestra Ruang Bunyi dan Vokalis Pemenang FLS2N tahun 2022, penampilan Kita Cinta Lagu Anak (KILA), permainan tradisional dari sekolah adat, serta tari tradisional Jai Bajawa dari NTT.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL